Kediri(adakitanews.com)—Untuk mendukung upaya Pemerintah Kota Kediri menanggulangi wabah virus Corona (Covid-19), PT Gudang Garam Tbk. menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulan siap pakai ke PMI Kota Kediri. Mobil yang dilengkapi sarana medis ini akan menunjang operasional petugas Palang Merah Indonesia (PMI) dalam menolong warga.

Mobil ambulan ini dilengkapi dengan peralatan medis darurat seperti tabung oksigen, Nasal Kanul (selang bantu pernafasan yang diletakan pada lubang hidung), kotak obat gantung, bangku pengiring, wastafel, hingga tabung pemadam kebakaran. Spesifikasi ini sesuai dengan kebutuhan PMI untuk menunjang operasional.

Direktur SDM dan Pelayanan Umum PT Gudang Garam Tbk. Susanto Widiatmoko mengatakan saat ini dibutuhkan peran semua pihak dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Melalui Palang Merah Indonesia, PT Gudang Garam Tbk. berkontribusi menyumbangkan satu unit mobil ambulan sebagai kendaraan operasional.

“Ini kesempatan yang cukup membanggakan bagi kami untuk dapat berkontribusi, memberikan sedikit bantuan yang mudah-mudahan bermanfaat. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini. Mudah-mudahan bisa mendukug kinerja PMI Kota Kediri,” kata Susanto Widiatmoko dalam serah terima bantuan kepada Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kantor PMI Kota Kediri, Senin (6/4/2020).

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengapresiasi dukungan PT Gudang Garam Tbk. dalam penanggulangan pandemi Covid-19 di Kota Kediri. Menurut Mas Abu, mobil ambulan ini akan sangat bermanfaat bagi PMI untuk menjaga pasokan darah dalam situasi pandemi Covid-19. “Kami berterima kasih atas kepedulian PT Gudang Garam untuk membantu masyarakat di Kota Kediri. Tentu ambulan ini akan sangat bermanfaat di mana saat ini kita disibukkan dengan pandemi Covid-19,” kata Mas Abu.

Dia juga mengatakan saat ini Pemerintah Kota Kediri tengah membutuhkan dukungan semua pihak untuk menanggulangi Covid-19 yang makin meluas. Diantaranya kebutuhan masker, desinfektan, rapid test, hingga alat pelindung diri (APD) yang digunakan tenaga medis di rumah sakit.
Mas Abu juga berharap kepada PT Gudang Garam Tbk. untuk membantu menjaga stok darah yang dikelola PMI Kota Kediri selama masa pandemi Covid-19 berlangsung. “Saya berharap kalau ada karyawan Gudang Garam lima orang bergilir untuk donor,” katanya.

Selain dihadiri Direktur dan Wali Kota Kediri, penyerahan bantuan ambulan ini juga disaksikan Ketua PMI Kota Kediri Dr. Indrakso Suprapto serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto. (gar).