Gunung Lawu Kembali Terbakar

1341

unduhan

ADAKITANEWS, Magetan – Pasca terbakarnya Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut (dpl), Sabtu (15/8) lalu, kembali mengalami kebakaran sejak Minggu (23/8) sore lalu. Dilaporkan warga, api terus membesar hingga Senin (24/8) malam terus meluas, seiring kencangnya hembusan angin.

“Kebakaran terjadi di sisi utara gunung merupakan perbatasan Kabupaten Magetan-Kabupaten Ngawi. Terbakar semak belukar berjarak sekitar 4 km dari jalur pendakian, sejumlah petugas sudah berada dilokasi kebakaran dalam upaya pemadaman api. Namun, api terus membesar dan merembet dari arah selatan ke utara,” jelas Asper BKPH Lawu Selatan, KPH Lawu Ds, Marwoto, dihubungi melalui ponselnya.

Atas kejadian itu, tambahnya, guna menghindari hal tidak diinginkan bagi para pendaki, jalur pendakian Gunung Lawu terpaksa ditutup. “Kami sudah perintahkan kepada jajaran di Gunung Lawu agar menutup pendakian,” tandasnya.

Sejumlah warga melaporkan, kebakaran Gunung Lawu bisa terlihat dari Jalan Raya Sukomoro-Magetan. Begitu juga warga lain di Kabupaten Magetan, melihat jelas api terus merembet seperti ular berjalan. “Malam ini jalur api seperti ular berjalan, merembet terus ke arah utara,” ujar Prasetyo warga di Kota Magetan.

Begitu juga disampaikan, Rohmat security salah satu instansi di Desa Ringinagung, Kecamatan/Kabupaten Magetan membenarkan kebakaran Gunung Lawu makin terlihat membesar atau meluas. “Saya bisa melihat kebakaran itu dari balkon belakang lantai 2 tempat kerja. Saat ini (pukul 22.00) api sepertinya terus merembet ke arah selatan, sedangkan angin terus berhembus kencang,” jelasnya. (UK)

Keteranga foto : ilustrasi