ADAKITANEWS, Kediri – Dalam kunjungannya ke lokasi bencana alam Sumur Ambles di Desa Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Selasa (02/05) siang, Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs H Saifullah Yusuf atau yang lebih dikenal dengan sapaan akrab Gus Ipul menjanjikan akan memberikan bantuan berupa biaya pembuatan sumur baru dengan model sumur pompa. Selain itu Gus Ipul juga berusaha akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk membantu tanah uruk untuk menutupi kubangan bekas sumur yang ambles.

Kedatangan Gus Ipul langsung disambut suka cita oleh masyarakat yang terdampak. Bahkan Gus Ipul juga selalu mengajak warga untuk selalu ingat kepada Allah SWT, agar semua musibah yang menimpa akan segera berakhir dan tidak semakin meluas. ” Mari kita selalu ingat kepada Allah SWT dan selalu berdoa agar diberi keselamatan semuanya. Untuk warga terdampak yang tidak mampu, nanti kita upayakan bantuan tanah uruk. Sementara untuk pembuatan batin jenis pompa, nanti juga akan kami upayakan memberikan bantuan biaya pembuatan,” ujarnya Gus Ipul.

Usai bertemu dengan beberapa pejabat daerah maupun petugas keamanan dari TNI dan Polri termasuk dengan para tokoh masyarakat rumah Kepala Dusun Nanas Desa Manggis Kecamatan Puncu, Gus Ipul juga menyempatkan melihat langsung ke lokasi sumur yang baru ambles. Diantaranya di Dusun Nanas dan Dusun Jambean. Bahkan saat menuju lokasinya, Gus Ipul harus nekat melalui Kandang Sapi milik warga.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kondisi sumur ambles di wilayah Kecamatan Puncu sudah merembet juga ke wilayah Kecamatan Plosoklaten. Bahkan menurut keterangan dari petugas BPBD Kabupaten Kediri, jumlah sumur yang mulai retak di Kecamatan Plosoklaten tercatat sudah sekitar 40 titik dan tersebar di beberapa desa.(udn)

Keterangan gambar : Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf saat mengunjungi sumur ambles milik warga Kecamatan Puncu.(foto:rianto)