ADAKITANEWS, Madiun – Memasuki H-2 Idul Fitri 2017, kepadatan arus lalu lintas sudah mulai terasa. Hal tersebut juga merupakan imbas adanya cuti bersama yang dimulai pada Jumat (23/06) hari ini.

Pantauan Tim Adakitanews.com dari Pos Pantau yang berada di samping perlintasan kereta api di Desa Kaligunting Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun, arus lalu lintas cenderung mengalami kenaikan dari jumlah volume kendaraan. Mobil pribadi dengan plat nomor luar wilayah Madiun juga sudah mulai mendominasi jalan-jalan di Madiun. Halnya juga terlihat pada jumlah kendaraan roda dua yang terus meningkat jumlahnya.

“Secara umum lalu lintas terpantau padat namun masih lancar, kemacetan hanya terjadi saat ada kereta lewat dan panjang antrean sekitar 500 meter. Dan setelah kereta lewat kondisi berangsur pulih,” jelas AKP Muhamad Isnaini, yang saat itu menjadi Perwira Pengendali Pos Pengamanan.

AKP Isnaini menyampaikan, jika di wilayah Kaligunting tersebut selain ada palang pintu kereta juga ada pertigaan yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Oleh karenanya sejak Kamis (22/06) pihaknya telah melakukan rekayasa lalulintas yaitu pembatas jalan untuk meminimalisir kemacetan.

Sekitar pukul 11.00 WIB, arus lalu lintas menunjukkan peningkatan signifikan. Bahkan karena melewati perlintasan rel kereta api, kendaraan cenderung mengurangi kecepatan hingga mengakibatkan antrean cukup panjang hingga 300 meter.

Mengetahui hal tersebut, Kanit Turjawali Polres Madiun, Ipda I Made Jata Wiranegara terlihat langsung turun langsung ke jalan mengatur lalu lintas serta memberikan imbauan lewat pengeras suara dan meminta kepada sopir kendaraan baik roda dua maupun empat selepas rel kereta api segera menambah kecepatannya.

“Arus mudik sudah mulai meningkat sejak Kamis malam dan diperkirakan akan berlangsung hingga Jumat atau Sabtu,” tegas Ipda I Made Jata kepada Tim Adakitanews.com.

Untuk para pengendara, Ipda I Made Jata mengimbau agar selalu berhati-hati di perjalanan, utamakan keselamatan, serta mematuhi rambu lalulintas dan menghormati pengguna jalan yang lain.

Sementara saat ditanya terkait pembukaan jalan tol, Ipda I Made Jaya mengaku masih menunggu perintah atau instruksi dari Kapolres, sebagai pihak yang berwenang.(bud)

Keterangan gambar: Kepadatan Lalulintas di perlintasan kereta api Desa Kaligunting Mejayan. (bawah) Kanit Turjawali Polres Madiun, Ipda I Made Jata Wiranegara.(foto : budiyanto)