ADAKITANEWS, Kota Madiun – Memasuki H-3 Idul Fitri, lonjakan penumpang yang menggunakan angkutan bus mulai terasa di terminal Bus Purboyo. Menghadapi musim mudik, terminal kelas A di Kota Madiun di Jalan Basuki Rahmat itupun mulai terlihat sibuk, Kamis (22/06).

Dari data yang diterima oleh Tim Adakitanews.com melalui Plt Kepala UPT Terminal Purboyo, Hari Suhardono, sejauh ini Terminal Purboyo telah kedatangan 2.686 penumpang dari 158 bus, serta memberangkatkan 154 bus dengan 2.868 penumpang. Data tersebut merupakan data untuk bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP). Sedangkan untuk data bus jurusan Jogja, Solo, Jakarta atau Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) pada hari yang sama kedatangan 505 bus yang membawa 9.579 penumpang dan memberangkatkan 8.069 penumpang yang terbagi dalam 495 bus.

“Untuk hari ini perhitungan kami ada kenaikan penumpang sekitar 50 persen dibanding hari-hari sebelumnya,” jelas Hari Suhardono, Kamis (22/06).

Untuk memberikan rasa aman bagi penumpang, di Terminal Purboyo didirikan pos keamanan yang dijaga selama 24 jam oleh petugas kepolisian. “Kami dalam satu tim terdiri dari 4 anggota serta 2 perwira pengawas, sehingga total ada enam petugas jaga,” jelas AKP Anis Heni Winarsih, perwira jaga yang saat itu bertugas.

Untuk petugas pengamanan sendiri, diketahui berasal dari Polsek Manguharjo serta Polsek Sawahan, serta didukung petugas yang mobile atau berpatroli dari Satuan Sabhara Polres Madiun.

Di lokasi terminal, juga didirikan pos kesehatan untuk melayanj penumpang yang mungkin membutuhkan pemeriksaan kesehatan.(bud)

Keterangan gambar : Suasana Terminal Purboyo Madiun dan salah seorang penumpang yang sedang mendapat perawatan dari tim kesehatan.(foto : budiyanto)