ADAKITANEWS, Jombang – 30 persen keterlibatan perempuan dalam kepengurusan partai politik yang akan diverifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, tidak menjadi permasalahan di Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Jombang.

Dalam verfak kali ini, DPC Partai Gerindra sudah mempersiapkan 100 persen pengurus perempuan yang ada di dalam partai besutan Prabowo itu. Ketua DPC Partai Gerindra Jombang, Heri Setiawan mengatakan, dihadirkannya 100 persen pengurus perempuan tersebut mengingat ketentuan verfak kepengurusan yang dilakukan KPU adalah 30 persen keterlibatan perempuan dalam kepengurusan parpol.

Ia memaparkan bahwa ada keterwakilan perempuan di kepengurusan partainya sejumlah 13 orang, semuanya dihadirkan ke kantor Partai Gerindra di Jalan Abdurrahman Saleh Desa Sambong Dukuh Kecamatan/Kabupaten Jombang. “Verifikasi kepengurusan DPC hari ini berjalan lancar, dari semua syarat yang ditetapkan kita sudah memenuhi semuanya. Dan alhamdulillah keterwakilan dari perempuan kita hadirkan 100 persen,” ungkap Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Jombang, Rabu (31/01).

Heri Setiawan juga mengaku pihaknya yakin akan lolos pada verifikasi kali ini. Untuk mempersiapkan verfak tersebut, pihaknya sebelumnya juga telah mempersiapkan 103 anggota yang dihadirkan secara langsung ke kantor DPC Partai Gerindra untuk keperluan verifikasi keanggotaan. “Untuk keanggotaan dengan sampel 5 persen kita sudah melebihi, untuk yang didata kali ini ada 75 anggota dan sudah MS semua. Kita berkeyakinan bahwa kita sudah memenuhi apa yang sudah jadi persyaratan,” paparnya.

Sementara, Anggota Komisioner KPU Jombang Divisi Hukum, Athoillah SH mengatakan bahwa dalam verifikasi yang dilakukan di Partai Gerindra, semua syarat dinyatakan sesuai dengan data yang ada di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). “Sudah dilakukan verifikasi, semuanya sudah sesuai dengan data kita. Baik kepengurusan lalu keterlibatan 30 persen perempuan dan domisili sudah kami periksa semua dan sudah sesuai. Untuk keanggotaan ini masih dalam proses verifikasi,” ujar Athoillah.

Selain itu, Athoillah juga mengatakan bahwa masih ada partai yang datanya belum sesuai saat dilakukan verifikasi. “Masih ada satu dua partai yang tidak cocok datanya, dan masih ada waktu untuk dilakukan perbaikan. Misalnya identitas pengurusnya, dia masih menginput data yang lama padahal sudah ada pergantian SK,” pungkas Athoillah.(ar)

Keterangan gambar: Ketua DPC Partai Gerindra Jombang, Heri Setiawan. (bawah) Proses verfak di kantor DPC Partai Gerindra.(foto:adi rosul)