Hafal Surat Pendek Alquran? Dapat Buku Gratis

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Selama ini momen Ramadhan selalu diisi berbagai kegiatan berbau keagamaan oleh masyarakat. Misalnya saling membagikan takjil gratis, membaca Al-Quran, dan lain-lain. Semuanya semata-mata untuk meningkatkan perolehan pahala pada bulan puasa. Bahkan, beberapa diantaranya ada yang menggelar kegiatan unik. Salah satunya, membagi-bagikan buku gratis kepada warga. Namun dengan syarat, warga tersebut harus hafal surat pendek Al-Quran.

=========

Ada keramaian lain di kawasan alun-alun Sidoarjo, Minggu (12/06) sore. Puluhan penulis Sidoarjo yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena (FLP) Sidoarjo membagi-bagikan takjil gratis kepada beberapa warga yang kebetulan melintas. Namun, ada yang unik selain pembagian takjil gratis tersebut. Beberapa warga tampak melafalkan ayat suci Al-Quran di depan anggota FLP. Hal itu dilakukan sebagai syarat untuk mendapatkan buku secara gratis.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka kampanye gemar membaca Al -Quran. Kampanye tersebut digelar untuk mengajak masyarakat Sidoarjo agar gemar membaca Al-Qur’an.

“Dengan membagikan stiker bertuliskan Ayo Membaca Al-Qur’an, merupakan salah satu sarana untuk mengingatkan kaum Muslim tentang pentingnya membaca Alquran, khususnya di bulan Ramadan,” cetus Ketua FLP Sidoarjo, Ika Safitri.

Setiap warga yang ingin mendapatkan buku secara gratis diwajibkan menyetor bacaan salah satu surat pendek Al-Quran kepada salah satu anggota FLP. Untuk mengetahui bacaan tersebut benar, anggota FLP menyimaknya dengan membuka Al-Quran.

Ika Safitri menambahkan, bulan Ramadan adalah bulan Alquran. Dimana merupakan awal mula ayat Alquran diturunkan, tepatnya 17 Ramadan yang dikenal dengan istilah Nuzulul Quran.

“Ajakan untuk membaca Alquran ini sekaligus mengingatkan kita bahwa Alquran saat ini sudah jarang dibaca dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, mungkin kita lebih sering berinteraksi dengan gadget dibandingkan dengan Alquran itu sendiri,” imbuh Ika Safitri.

Selain mengajak masyarakat agar gemar membaca Alquran, sore itu anggota FLP Sidoarjo juga membagikan takjil gratis bagi masyarakat yang berada di sekitar alun-alun Sidoarjo. “Bagi-bagi takjil adalah untuk berbagi dengan masyarakat sekitar,” tambahnya.(rochmatullah kurniawan)

Keterangan gambar: Salah satu warga mencoba menyetor hafalan surat pendek Alquran di depan angota FLP.(ist)

Recommended For You