2015-12-12_15.24.40ADAKITANEWS, Kediri – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 telah dilangsungkan kemarin, Rabu (09/12). Hasilnya, 39,41 persen warga Kabupaten Kediri tidak menentukan pilihannya.

Eka Wisnuwardhana Komisioner KPU bagian Teknis dan Data kepada tim adakitanews.com, Sabtu (12/12) mengatakan, hasil Pilkada Kabupaten Kediri sudah bisa dilihat di web resmi KPU yakni pilkada2015.kpu.go.id. Namun, lanjut Wisnu, dalam web tersebut merupakan hasil rekapitulasi C1 dari setiap Kecamatan di Kabupaten Kediri.

“Ini (web KPU-red) bersifat sementara, ini hasil scan dan entri dari kartu C1 apa adanya. Belum dilakukan koreksi dan perbaikan ditingkat atasnya. Jadi, jika ada kesalahan di tingkat TPS akan diperbaiki di tingkat Kecamatan,” jelasnya

Dari web tersebut diketahui warga Kabupaten Kediri yang memberikan hak suaranya sebesar 60,59 persen. Rinciannya, 53,98 persen pemilih dari golongan laki-laki, dan 66,75 persen suara dari perempuan. Hal ini artinya, 39,41 persen warga Kabupaten Kediri memilihi Golongan Putih (Golput).

“Dari web itu kita bisa ketahui hampir 40 persen warga Kediri yang memilih tidak memberikan hak suaranya,” lanjut Eka Wisnuwardhana

Sementara, kotak suara yang sudah berada di KPU Kabupaten Kediri dari Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) terdapat 16 Kecamatan dari 26 Kecamatan di Kediri. Sedangkan, 10 Kecamatan lainnya dijadwalkan hari ini sudah selesai dilakukan rekapitulasinya.

“Sekarang Pak Sapta (Ketua KPU Kediri-red) sedang di Ngadiluwih untuk melakukan rekapitulasi. InsyaAlloh sebelum tanggal 16 kita sudah selesai rekap di tingkat Kecamatan,” terang Eka Wisnuwardhana.

Sesuai dengan jadwal dari KPU Pusat, KPU Daerah harus melakukan rekapitulasi mulai tanggal 10-16 Desember ditingkat Kecamatan. Sedangkan, rekapitulasi resmi ditingkat Kabupaten akan dilakukan pada tanggal 18 Desember.(zay)

Keterangan Gambar : Eka Wisnuwardhana bersama petugas keamana dari Kepolisian menunjukan kotak suara dari 16 Kecamatan yang sudah berada di KPU Kediri.