ADAKITANEWS, Tulungagung – Meski pengumuman mengenai penetapan pasangan calon dalam Pilkada Tulungagung secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung baru akan disampaikan pada 12 Februari mendatang, namun hampir dipastikan bahwa calon yang akan bertarung dalam pemilihan nanti hanya 2 pasangan calon.

Hal ini setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung memastikan bahwa pencalonan Suparlan – Suprayitno yang maju dalam Pilkada Tulungagung 2018 lewat jalur perseorangan dinyatakan tidak lolos. “Pasangan Suparlan – Suprayitno kita nyatakan tidak lolos dalam pencalonan. Karena setelah kita tunggu hingga batas akhir masa perbaikan berkas pencalonan hingga pada hari Sabtu (20/01) pukul 00.00 WIB belum menyerahkan kekurangan berkas yang kita sampaikan,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, Senin (22/01).

Lanjut Suprihno, seharusnya selain melengkapi berkas persyaratan calon yang masih kurang, mereka juga harus menyerahkan kekurangan dukungan pencalonannya sebanyak 90.062 dukungan yang dibuktikan dengan fotokopi KTP elektronik.

“Sehari sebelum batas akhir penyerahan berkas, sebenarnya sudah ada komunikasi dengan penghubung atau LO calon perseorangan. Informasinya, KTP dukungan baru terkumpul sebanyak 70 ribu,” katanya.

Tanda-tanda pasangan Suparlan – Suprayitno akan mengibarkan ”bendera putih” tanda menyerah ini, sebenarnya sudah terlihat sejak penyerahan berkas pendaftaran pada Rabu (10/01). Usai berkas dinyatakan diterima, pasangan ini menggelar jumpa pers.

Kala itu Suparlan mengaku, beratnya memenuhi persyaratan untuk menjadi calon lewat jalur perseorangan. Dirinya berharap kepada beberapa pihak untuk mempertimbangkan lagi tentang persyaratan pencalonan Kepala Daerah lewat jalur perseorangan untuk dipermudah.

Dengan gagalnya pasangan Suparlan – Suprayitno ini, hampir dipastikan bahwa hanya ada dua pasangan yang akan bertarung dalam Pilkada Tulungagung mendatang. Kedua pasangan itu adalah pasangan pethana Syahri Mulyo – Maryoto Birowo yang diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Nasdem. Dan Pasangan Margiono – Eko Prisdianto yang diusung 9 partai (Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Hanura, Partai Demokrat,PKS, PKB, PAN, PPP dan PBB).(bac)

Keterangan gambar : Pasangan Suparlan – Suprayitno yang gagal maju dalam Pilkada Tulungagung 2018.(foto : acta cahyono)