ADAKITANEWS, Sidoarjo – Beberapa harga bahan kebutuhan bumbu dapur diantaranya cabai hingga bawang di wilayah Sidoarjo semakin melambung. Salah satunya seperti yang terjadi di pasar tradisional Krian, Rabu (14/03).

Dari pengakuan beberapa pedagang bumbu di Pasar Krian, kenaikan harga cabai merah dan bawang memang cukup drastis.‎ Cabai rawit yang semula seharga Rp 20 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Cabai merah yang biasanya berkisar antara Rp 30 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang putih yang biasanya per kilogram hanya Rp 12 ribu, naik menjadi Rp 28 ribu per kilogram.

Menurut salah satu pedagang pasar, kenaikan harga dipicu karena cuaca hujan. “Ya karena cuaca mungkin, tapi pembeli yang datang tetap seperti biasa,” ungkap Siti, 38, penjual bumbu di Pasar tradisional Krian.‎

Selain cabai merah, harga beberapa bumbu dapur lain yang juga ikut naik adalah bawang merah, yang semula hanya Rp 16 ribu per kilogram naik menjadi Rp 24 ribu per kilogram. Sementara harga tomat, menjadi Rp 8 ribu per kilogram dari harga semula Rp 4 ribu per kilogram.

Pedagang lain, Nasukha, 55, mengatakan bahwa kenaikan harga bumbu dipengaruhi oleh tingkat jumlah barang yang didistribusikan dari para pengepul atau petani dari desa -desa. Kenaikan harga itu menurutnya, naik-turun setiap tiga atau dua hari.

“Dua hari tiga hari naik turun terus kembali normal lagi,” tambah Nasukha.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang pembeli mengaku mengeluh. Namun meski demikian, kebutuhan rumah tangga tetap harus terpenuhi. “Mahal sekarang. Biasanya kalau beli itu, pedagang mengambilkan dengan cara diraup pakai tangan. Sekarang sudah dihitung bijian. Kalau beli untuk masak di rumah itu Rp 300 ribu,” ungkap Rumiani, 45, warga Wonoayu.(sid3)

Keterangan gambar : Salah satu pedagang bumbu yang ada di Pasar Krian.(foto: andri santoso)‎

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/140318-sid3-sidoarjo-bumbu-1024x576.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/140318-sid3-sidoarjo-bumbu-150x150.jpgREDAKSIEkbisadakitanews,Berita,bumbu dapur,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo - Beberapa harga bahan kebutuhan bumbu dapur diantaranya cabai hingga bawang di wilayah Sidoarjo semakin melambung. Salah satunya seperti yang terjadi di pasar tradisional Krian, Rabu (14/03). Dari pengakuan beberapa pedagang bumbu di Pasar Krian, kenaikan harga cabai merah dan bawang memang cukup drastis.‎ Cabai rawit yang semula...