ADAKITANEWS, Tulungagung – Masih tingginya curah hujan mengakibatkan harga sejumlah bumbu dapur dan sayuran mengalami kenaikan, khususnya harga cabai. Meski fluktuatif, kenaikan harga cabai berkisar antara Rp 6.000 hingga Rp 7.000 per kilogram.

Menurut sejumlah pedagang sayuran di Pasar Grosir Ngemplak Tulungagung, naiknya harga untuk semua jenis cabai dan sejumlah sayuran, karena di sentra penghasil sayuran tengah di landa cuaca buruk yang mengakibatkan gagal panen. Sehingga pasokan sayuran ke pedagang mengalami penurunan.

Salah satu pedagang di Pasar Grosir Ngemplak Tulungagung, Sri Utami mengatakan, semua harga cabai mengalami kenaikan. Sejak momen tahun baru, harga komoditi ini pun tidak kunjung turun. Sementara untuk cabai rawit, meski harganya juga ikut naik namun kenaikannya bersifat fluktuatif.

“Sebelum tahun baru harga cabai rawit masih sekitar Rp 35 ribu per kilogram. Tapi saat ini, harganya mencapai Rp 42 ribu, kadang Rp 40 ribu, tapi kadang naik lagi. Jadi nggak mesti, kadang naik, kadang turun,” kata Sri Utami, Senin (15/01).

Lanjut Sri Utami, untuk cabai merah besar mengalami kenaikan sebesar Rp 6.000 per kilogram. Jika sebelumnya Rp 38 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 44 ribu per kilogram. Sedangkan untuk cabai keriting dari Rp 35 ribu menjadi Rp 42 ribu per kilogram.

Sementara di lapak yang berbeda, Musini, pedagang sayur di Pasar Grosir Ngemplak juga mengatakan yang sama. Bahkan katanya, tidak hanya harga cabai saja yang mengalami kenaikan, namun sejumlah komoditi sayuran dan bumbu lainnya juga naik, diantaranya bawang merah, bawang putih, tomat, wortel dan kentang .

Musini menjelaskan, bawang merah per kilogram yang semula Rp 17 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 20 ribu per kilogram. Bawang putih yang semula Rp 17 ribu per kilogram, kini Rp 19 ribu per kilogram. Tomat yang semula Rp 6.000 per kilogram menjadi Rp 7.500 per kilogram, wortel dari Rp 12 ribu per kilogram menjadi Rp 14 ribu per kilogram, dan kentang dari semula Rp 15 ribu per kilogram menjadi Rp 17 ribu per kilogram.

Meskipun harga sejumlah sayuran mengalami kenaikan, justru harga sejumlah sayuran lainnya mulai turun. Seperti sawi putih yang sebelumnya Rp 10 ribu kini menjadi Rp 8.000 per kilogram. Kol dari Rp 7.000 ribu menjadi Rp 6.000 per kilogram, dan daun seledri yang semula Rp 44 ribu menjadi Rp 36 ribu per kilogram.(bac)

Keterangan gambar : Semua jenis cabai dan sejumlah sayuran mengalami kenaikan.(foto : acta cahyono)