width=

Sidak Pasar Oleh Bupati Pacitan 1ADAKITANEWS, Pacitan – Bupati Pacitan, Indartato melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Arjosari, Kamis (09/06). Sidak kali ini menemukan harga daging sapi yang menembus Rp. 135 ribu.

“Sidak untuk mengetahui kondisi riil di pasar, khususnya kebutuhan pokok selama Ramadhan, Apakah ada kenaikan atau penurunan ?,” ujar Indartato Bupati Pacitan.

Setelah melakukan pengecekan, Bupati beserta rombongan menemukan harga kebutuhan pokok masih tinggi di pasaran. Harga daging ayam ditemukan seharga Rp 35 ribu – Rp 40 ribu per kg dan daging sapi Rp 130 ribu-Rp 135 ribu per kilogram. Namun, sejumlah komoditi sudah mengalami penurunan seperti bawang merah dan putih. Sedangkan gula pasir mengalami sedikit penurunan.

“Bawang merah turun paling tajam dari 3 hari lalu Rp 36 ribu per kg, kini jadi Rp 28 ribu–Rp 29 ribu per kg. Lalu, bawang putih dari Rp 34 ribu per kg, jadi Rp 31 ribu-Rp 32 ribu per kg. Gula pasir alami sedikit penurunan dari Rp 16.500 per kg, kini Rp 16 ribu per kg,” jelas Kabid Perdagangan, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan setempat Hari Purwantoro.

Namun, Hari mengaku menemukan hal berbeda yang dilakukan pedagang daging sapi. Pasalnya, ketika Dinas Perdagangan survei, pedagang akan mengatakan harga Rp 130 ribu per kilogram. “Mereka berikan keterangan berbeda, jika petugas dari dinas datang mensurvei. Kepada petugas disampaikan harga daging sapi Rp 130 ribu per kg, tapi saat ada konsumen membeli dihargai Rp 135 ribu per kg,” ujar Hari.

Menurut Hari, operasi pasar (OP) yang selama bulan Ramadhan diberlakukan oleh Pemprov Jatim hanya mampu menekan harga komoditi seperti gula pasir. Namun, minyak goreng dan beras standar Bulog belum alami penurunan. “Tapi, saya yakin minyak goreng curah saat ini Rp 11.500 per liter, masih bisa turun. OP itu mampu berikan tekanan terhadap harga. OP menjual beras, gula pasir, minyak goreng dan terigu,” ujarnya.

Saat sidak itu, sejumlah pedagang juga mengeluhkan sarana transportasi khususnya jembatan Gemaharjo, karena kendaraan besar tidak bisa melintas. Sehingga menimbulkan kenaikan harga sembako yang di pasok dari luar Pacitan. “Saya dan pedagang lain berharap jembatan segera diperbaiki,” ujar seorang pedagang dan diamini pedagang lain.(Uk/zay)

Keterangan Gambar : Bupati Pacitan Indartato dan pejabat terkait, saat melakukan sidak di Pasar Arjosari untuk mengetahui harga sejumlah komoditi saat Ramadhan. (Foto: Agoes Basoeki)