Harga Sawo Naik Hampir 3 Kali Lipat

1219

ADAKITANEWS, Kediri – Musim hujan ternyata juga memberikan dampak terhadap harga buah di Kabupaten Kediri. Salah satunya Sawo, yang kini harganya telah naik hampir tiga kali lipat.

Akibat hujan, pohon sudah mulai sangat jarang berbuah. Jika ada, itupun kebanyakan juga terserang hama.

Imroatul Khasanah, 46, salah satu penjual Sawo di Desa/Kecamatan Badas Kabupaten Kediri mengatakan, musim ini memang sulit mencari pasokan Sawo dari pengepul. Pasalnya pohon Sawo jarang berbuah lantaran saat masih mengembang, sudah rontok terkena hujan.

“Cari Sawo sulit. Sekarang, 1 kilogram bisa mencapai Rp 20 ribu. Tapi kalau sedang berbuah banyak biasanya hanya Rp 7 ribu per kilogram,” cakapnya.

Ibu 2 anak ini juga mengaku, akibat harga tinggi itu ia terpaksa menekan keuntungan. “Biasanya bisa dapat untung Rp 10 ribu per kilogram. Tapi kadang kalau lagi sepi, kita banting harga, tapi masih untung Rp 5 ribu saja,” ujarnya.

Meski lokasi berjualannya tergolong strategis, dalam sehari Imroatul mengaku hanya bisa mendapat keuntungan total sekitar Rp 90 ribu. Padahal sebelumnya, ia biasanya meraup untung hinga Rp 250 ribu per hari.(kdr4)

Keterangan gambar : Imroatul Khasanah, saat menjajakan Sawo daganganya.(foto:fasihhuddin kholili)