width=

IMG-20160608-WA0019ADAKITANEWS, Jombang – Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional Jombang terus merangkak naik. Kenaikan cukup signifikan terjadi pada harga gula ditingkat grosir yang saat ini tembus Rp 16 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya, hanya berkisar Rp 15 ribu.

Salah satu pedagang sembako di Pasar Cukir, Samroatul Ilmi mengatakan kenaikan itu terjadi sejak satu minggu sebelum bulan puasa lalu. Harga gula naik secara bertahap. Menurut Ilmi, jika melihat harga di tingkat grosir yang terus naik, harga gula di tingkat pengecer saat ini bisa tembus Rp 17 ribu per kilogram.

“Harga dari grosir naik ya saya naikkan. Sekarang harganya Rp 16 ribu, kalau kemarin awal puasa itu Rp 15 ribu,” kata Samroatul Ilmi, Rabu (08/06).

Ia mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab terus naiknya harga gula di pasaran. Padahal, di area pasar Cukir sudah beberapa kali dilakukan kegiatan operasi pasar oleh pemerintah. Namun, hal itu seakan tidak ada pengaruhnya sama sekali. “Penyebab kenaikannya apa saya sendiri kurang tahu,” tambah Samroatul Ilmi.

Kenaikan tersebut sangat berpengaruh terhadap daya beli konsumen. Untuk menghemat pengeluaran, pembeli terpaksa mengurangi kuantitas pembelian sehingga pihak grosir atau pedagang lebih banyak menjual gula mereka dalam kemasan setengah kilogram dari pada satu atau dua kilogram.

Selain gula, kenaikan harga sembilan bahan pokok (Sembako) juga terjadi pada beras, telur dan sejumlah bumbu-bumbu dapur. Harga beras medium yang sebelumnya berkisar Rp 7 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 7.750 per kilogram. Sedangkan, untuk beras kualitas super dari harga sebelumnya Rp 9.500 per kilogram naik menjadi Rp 10 ribu per kilogram. Sementara harga telur ayam buras yang sebelumnya Rp 19 ribu per kilogram kini di tingkat pasar atau grosir mencapai Rp 20 ribu per kilogram.

Para pedagang dan konsumen berharap, pemerintah bisa menekan kenaikan harga sembako agar tidak semakin mempersulit ekonomi masyarakat saat mendekati lebaran mendatang.(Tari/Jati)

Keterangan Gambar : Salah satu pedagang di Pasar Cukir Jombang.