width=

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pemerintah Kota Blitar berencana menurunkan harga sewa ruangan di Rusunawa Kota Blitar.

Berdasarkan data di Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar, harga sewa ruangan di Rusunawa selama ini memang bervariasi. “Untuk lantai dasar dan lantai 1 dihargai Rp 200 ribu perbulan, sedangkan semakin ke atas, harga sewa ruangannya di setiap lantai berkurang 25 ribu rupiah,” kata Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar, Erna Santi kepada Tim Adakitanews.com, Jumat (24/03).

Meski demikian, Erna menjelaskan keputusan penurunan harga sewa tersebut hingga kini masih digodok oleh DPRD Kota Blitar. “Kalau aturannya masih digodok di DPRD. Perwali tentang retribusi rusunawa yang kita usulkan masih dalam pembahasan,” jelasnya.

Selain masih menunggu waktu, saat ini kewenangan Rusunawa juga masih dalam proses perpindahan akibat adanya perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setelah sebelumnya menjadi tanggungjawab Dinas PU dan Perumahan Rakyat.

Rencana penurunan harga sewa, lanjut Erna, merupakan bentuk realisasi atas permintaan para penghuni kepada Walikota. Sayangnya Erna tak menyebut persentase penurunan harga sewanya. “Ini atas permintaan para penghuni kepada Walikota. Untuk persentasenya harus nunggu dulu,” timpalnya

Selain persentase harga sewa, Erna juga belum tahu kapan perwali tentang tarif sewa di Rusunawa yang berada di Kelurahan Jatituri Kecamatan Sukorejo Kota Blitar itu ditetapkan. “Nanti saya kabari lagi soal itu, kalau sudah jelas,” tutupnya.(blt1)

Keterangan gambar : Dua bangunan twin block di tepi timur kompleks Rusunawa Kota Blitar.(foto:glorian)