ADAKITANEWS, Kota Kediri – Jumlah penumpang yang berangkat di Stasiun Kediri tampak sudah mulai turun, Senin (25/12). Kondisi ini berbeda jika dibandingkan pada Minggu (24/12) kemarin, yang mencapai 2.900 keberangkatan.

Kepala Stasiun Kediri, Andy Febry Laksono mengatakan, jumlah penumpang yang tercatat berangkat dari Stasiun Kediri hari ini memang mengalami penurunan dibanding kemarin. Meski demikian, jumlah tersebut masih tergolong lebih tinggi dari hari biasa. “Saat ini kita ada lonjakan penumpang 30 persen atau rata-rata perhari 1.900 keberangkatan dan pada puncaknya tanggal 23 kemarin, ada sampai 2.900 keberangkatan,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru 2018, Andy mengaku pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga telah mengoperasikan 3 kereta tambahan, yang sudah dimulai pada tanggal 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018 mendatang.

Tiga kereta tambahan tersebut yakni KA Brantas dan KA Matarmaja dengan tujuan Kediri – Pasar Senen, dan KA Gajayana dengan tujuan Kediri – Gambir. “Tidak ada pelayanan kusus dalam Nataru (Natal dan Tahun Baru) ini. Namun kami saat ini menambah 3 kereta untuk liburan Natal dan Tahun Baru kali ini,” ujarnya.

Selain tambahan Kereta Api, Andy juga menjelaskan adanya tambahan personel keamanan, pelayanan dan customer service. “Selain dari petugas internal kami saat ini menambahkan beberapa petugas external yaitu keamanan dari TNI 1 orang, dan dari Polri 2 orang. Ada juga di pelayanan 10 orang, dan customer service 3 orang. Penambahan tersebut dilaksanakan sampai ahir posko Nataru,” ucapnya.(kdr1)

Keterangan gambar : Antrean penumpang di Stasiun Kediri.(foto: muchlis ubaidhillah)