ADAKITANEWS, Blitar – Penerapan 5 hari sekolah atau full day school akhirnya diberlakukan di Kabupaten Blitar. Meski demikian, untuk saat ini penerapan tersebut masih diberlakukan di SMP Negeri saja.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjaka mengatakan, seluruh sekolah tingkat SMP Negeri di Kabupaten Blitar sudah menerapkan 5 hari sekolah mulai hari ini, Senin (22/01). Artinya pelajar di tingkat SMP Negeri di Kabupaten Blitar melakukan kegiatan belajar mulai hari Senin hingga Jumat.

“Jadi mulai hari ini, semua SMP Negeri di Kabupaten Blitar melakukan program 5 hari sekolah. Masuk hari Senin sampai Jumat, libur Sabtu dan Minggu,” kata Budi, Senin (22/01).

Lebih lanjut Budi menjelaskan, untuk sementara memang masih sekolah tingkat SMP terlebih dahulu yang melaksanakan 5 hari sekolah. Sedangkan untuk sekolah tingkat SD masih belum diterapkan, karena banyaknya jumlah lembaga di Kabupaten Blitar, sehingga akan diterapkan secara bertahap.

“Untuk tingkat SD kita masih belum bisa menerapkannya. Namun kedepan akan kita lakukan secara bertahap,” pungkasnya.

Budi menambahkan, tujuan diterapkannya 5 hari sekolah adalah untuk memberikan pendidikan karakter yang lebih kepada siswa, terutama untuk kegiatan keagamaan.

“Tentu kita akan terus melakukan evaluasi untuk penerapan 5 hari sekolah ini,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Budi Kusumarjaka, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)