ADAKITANEWS, Tulungagung – Kantor KPU Tulungagung pada hari kedua masa pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung nampak lengang, Selasa (09/01). Di ruang tempat pendaftaran, hanya tampak sejumlah staf KPU dan tiga orang anggota Panwascam yang sengaja melakukan pemantauan jika ada calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftarkan diri.

Hingga jam kerja usai, tidak satupun yang mendaftarkan diri di kantor KPU setempat. Padahal ada 6 orang perwakilan dari bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang telah mengambil formulir pendaftaran.

Suasana ini jauh berbeda dengan hari pertama, Senin (08/01) kemarin, kantor KPU Tulungagung yang dipenuhi relawan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati petahana, Syahri Mulyo – Maryoto Birowo (Sahto) untuk mendaftarkan diri.

Meski demikian, salah seorang wakil dari pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Margiono – Eko Prisdianto pada hari kedua ini, juga sempat mendatangi kantor KPU. Kedatangannya, menurut Ketua KPU Tukungagung, Suprihno, untuk konsultasi dan memastikan bakal mendaftarkan diri di hari ketiga, Rabu (10/01) besok.

“Tadi ada wakil dari tim pasangan Margiono – Eko Prisdianto yang datang ke KPU untuk koordinasi pendaftaran. Dia menyatakan akan mendaftar pada hari ke tiga atau hari terakhir,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, Selasa (09/01).

Suprihno menyatakan sementara baru pasangan Margiono – Eko Prisdianto yang menyatakan akan mendaftar besok. Sedangkan untuk pasangan dari calon perseorangan, Suparlan – Suprayitno, belum ada konfirmasi.

“Meski tidak ada konfirmasi, untuk hari terakhir masa pendaftaran, kami akan menunggu hingga pukul 24.00 WIB. Baru setelah itu, masa pendaftaran dinyatakan tutup,” lanjutnya.

Sementara itu, Adib Makarim Ketua DPC PKB Tulungagung yang merupakan salah satu partai pengusung pasangan Margiono – Eko Prisdianto, yang datang ke kantor KPU Tulungagung menyampaikan bahwa dia datang untuk konfirmasi kelengkapan berkas yang harus dipenuhi saat pendaftaran.

“Kami melakukan konsultasi dan koordinasi terkait dengan pendaftaran calon yaitu Pak Margiono dan Pak Eko yang akan kami usung besok,” kata Ketua DPC PKB Tulungagung, Adib Makarim.

Adib juga mengklaim bahwa Margiono – Eko Prisdianto telah mendapat dukungan dari 9 partai yang mengusung. Partai itu adalah PKB, Hanura, Gerindra, Golkar, Demokrat,PPP,PAN,PKS, dan PBB yang total keseluruhan memiliki 37 kursi di DPRD Tulungagung.(bac)

Keterangan gambar : Ketua DPC PKB, Adib Makarim (dua dari kanan) saat konsultasi dengan komisioner KPU Tulungagung.(foto : acta cahyono)