width=

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pasca dilanda hujan lebat 3 hari lalu, sebagian wilayah di Kabupaten Sidoarjo masih terendam. Salah satunya di beberapa desa di Kecamatan Waru dan Kecamatan Taman yang genangan airnya masih setinggi lutut orang dewasa, Rabu (12/10).

Di Kecamatan Taman, tepatnya di Desa Bringin, air diketahui masih menggenangi rumah-rumah warga. Sementara, di Kecamatan Waru juga masih ada beberapa desa yang terendam banjir dengan ketinggian air lebih dari 20 sentimeter, antara lain di Desa Kepuh Kiriman, Ngingas, Kureksari, Kedungrejo dan Bungurasih.

Informasi yang dihimpun, di Desa Bungurasih Barat, ada sekitar 30 warga terpaksa diungsikan ke gedung serbaguna. Pasalnya, di kawasan tersebut genangan air masih setinggi paha orang dewasa.

Ketua Karang Taruna Desa Bungurasih, Nugroho mengungkapkan sejak dilanda hujan pada Minggu (09/10), sejumlah rumah warga terendam banjir. Dengan alasan keselamatan, warga akhirnya terpaksa diungsikan. “Warga diungsikan demi keselamatan,” kata Nugroho kepada awak media, Rabu (12/10).

Dikatakan Nugroho, ada sekitar 22 Kepala Keluarga, atau sekitar 30 orang yang diungsikan ke gedung serbaguna. “Ini banjir langganan setiap tahun. Selama ini belum ada penanganan atau solusi untuk mencegah agar tidak ada banjir lagi,” tegasnya.

Adi, salah satu warga Desa Bungurasih juga mengatakan bahwa akibat banjir tersebut, aktivitas kesehariannya menjadi terganggu. “Karena banjir, kami tidak bisa beraktivitas,” keluhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan yang melanda Kabupaten Sidoarjo pada Minggu (09/10) selama sekitar 5 jam membuat hampir sebagian kawasan terendam banjir.(kur)

Keterangan gambar: Kondisi banjir di Desa Bungurasih.(ist)