ADAKITANEWSIMG_20150105_130640, Kediri – Hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang pasca Ujian Akhir Semester (UAS), ternyata banyak pelajar masih nampak asyik ‘berlibur’ di sekitar Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) saat jam sekolah. Hampir sepanjang trotoar SLG ditemui siswa-siswi SMA/SMK maupun SMP/ MTs berseragam lengkap bersantai ria bersama kawan-kawannya.

Saat ditanya, mereka mengaku tidak ada kegiatan belajar mengajar di sekolahnya. Beberapa guru yang seharusnya memberi materi pelajaran tidak hadir dan sebagian yang hadir tidak memberikan materi. “Dari pada boring di sekolah, mending kan jalan-jalan,” kata Sulis, salah satu siswi SMK swasta di Gurah, Kabupaten Kediri, Senin (5/1).

Sulis dan beberapa temannya mulanya memang berpamitan kepada orang tuanya untuk menuntut ilmu. Berdasarkan pengalamannya selama menjadi siswi, awal masuk semester baru selalu kegiatan belajar mengajar mandek. “Dari dulu kayaknya sudah begini, tradisi mungkin,” kata siswi 16 tahun ini.

Beda dengan Sulis, Rifki justru memanfaatkan keadaan ini untuk mendapat uang jajan dari orang tuanya. Ia mengaku tahu bila hari pertama masuk semester baru pasti tidak ada pelajaran. Dan, memang sengaja berniat berkunjung ke SLG dengan teman-temannya. “Kalau nggak pakai seragam pasti nggak dapat uang jajan. Lumayan kan buat jalan-jalan,” tutur dia.

Baik Sulis maupun Rifki menuturkan, pihak sekolah tidak melarang para siswanya keluar area sekolah. Entah apa alasannya, tapi yang jelas kedua pelajar ini menikmati jika ada jam pelajaran kosong. “Belajar teruskan, kan juga bosen,” akui Sulis.(kunam).

Keterangan Gambar : Gerombolan pelajar yang nongkrong di sekitar SLG