ADAKITANEWS, Jombang – Hari pertama verifikasi faktual (verfak) partai politik calon peserta Pemilihan Umum 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang telah memverifikasi empat parpol, Selasa (30/01).

Berbeda dengan verfak sebelumnya yang mendatangi secara langsung anggota parpol ke rumah masing-masing anggota, kali ini KPU Jombang melakukan verfak dengan hanya mendatangi kantor parpol dan pihak parpol yang mendatangkan anggotanya dengan sampel anggota sejumlah 5 persen, sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi beberapa waktu lalu.

Anggota Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Hukum, Athoillah SH mengatakan, bahwa hari ini pihaknya melakukan verfak kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai NasDem, serta Partai Bulan Bintang (PBB).

“Verifikasi faktual ini kita lakukan hingga tanggal 1 Februari mendatang, dan jika ada belum lengkap punya waktu perbaikan hingga tanggal 6 Februari,” ujar Athoillah, Selasa (30/01).

Ditemui Tim Adakitanews.com di kantor DPD PAN Jombang sesaat setelah melakukan proses verfak, Athoillah mengatakan bahwa pihak KPU telah selesai melakukan verfak kepengurusan partainya dengan hasil Memenuhi Syarat (MS).

Dalam verfak tersebut ada beberapa poin seperti verifikasi kepengurusan, verifikasi keanggotaan dan verifikasi keterlibatan 30 persen perempuan dalam kepengurusan partai dan verifikasi domisili yang dilakukan oleh Tim Verifikator.

Dari keempat parpol yang diverifikasi, semuanya dinyatakan MS untuk verifikasi kepengurusan. Sedangkan untuk keanggotaan, hingga berita ini diunggah masih dalam proses verifikasi. “Kita sudah menyelesaikan verifikasi kepengurusan, 30 persen perempuan dan verifikasi domisili partai politik. Kita sudah periksa semua dokumennya, kepengurusan sudah memenuhi syarat, semuanya sudah sesuai memenuhi syarat. Tinggal verifikasi faktual keanggotaan yang juga dilakukan hari ini juga,” paparnya.

Sementara, Ketua DPD PAN Kabupaten Jombang, Achmad Saichu mengatakan sudah mempersiapkan segala keperluan verifikasi faktual partainya. Ia mengaku bahwa partainya sangat percaya diri untuk lolos verifikasi dan masuk dalam partai peserta pemilu 2019. “Kami siap melakukan verifikasi. Kami memiliki anggota 1.494, jika 5 persennya kurang lebihnya 74 anggota. Kami menyiapkan 100 anggota untuk diverifikasi. Seluruhnya hari ini kita hadirkan,” ujar Saichu membeberkan.(ar)

Keterangan gambar: Ketua DPD PAN Kabupaten Jombang, Achmad Saichu. (bawah) Proses verfak kepengurusan PAN oleh KPU Jombang.(foto:adi rosul)