ADAKITANEWS, Blitar – Hingga batas akhir pendaftaran Partai Politik (Parpol) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ada di Kabupaten/Kota, yakni pada Senin (16/10), baru 1 parpol yang dinyatakan berkas pendaftaranya lengkap oleh KPU Kab Blitar. Padahal KPU RI telah memberikan batas waktu selama 14 untuk melakukan pendaftaran. Kendati demikian, KPU Kab. Blitar masih menunggu hingga pukul 24.00 wib untuk melengkapi berkas pendaftaran bagi parpol yang belum lengkap.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pengawasan, Lukman Hakim mengatakan, sampai batas hari terakhir pendaftaran parpol peserta pemilu 2019, tercatat baru satu partai yang sudah mendapat tanda terima dari KPU, yakni partai Perindo. “hingga siang ini masih 1 partai yang kita beri tanda terima, artinya pengumpulan salinan berkas sudah lengkap semua,” kata Lukman, Senin (16/10).

Lukman menjelaskan, sementara untuk partai lainnya baik partai baru maupun partai lama seperti PKPI, Demokrat, Gerindra, Golkar, PAN, PDIP, dan PKS sudah datang ke kantor KPU Kabupaten Blitar untuk mendaftar. Namun ada beberapa dari mereka salinan berkasnya belum lengkap, sehingga hanya melakukan konsultasi saja dan kembali untuk melengkapi berkasnya. “Kita akan menunggu hingga batas akhir pengiriman data parpol peserta pemilu 2019 hingga pukul 24.00 WIB nanti,” jelasnya.

Lukman menambahkan, berkas yang diserahkan Parpol ke KPU berupa hardcopy atau fotokopi dari form F2 yang berisi nama, umur, Kartu Tanda Anggota (KTA), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan alamat. Setelah menyerahkan berkas dan diterima oleh KPU, maka berkas ini akan dicocokan dengan sipol (sistem informasi partai politik) oleh operator sipol di KPU kabupaten/kota. “Setelah ditrima akan dicocokan oleh operator Sipol KPU Kabupaten Blitar,” imbuhnya.(fat)

Keterangan gambar: Penyerahan berkas salah satu parpol.(ist)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/IMG-20171016-WA0022-1024x768.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/IMG-20171016-WA0022-150x150.jpgREDAKSIPolitikkpu,pemilu2019,Prpol
ADAKITANEWS, Blitar - Hingga batas akhir pendaftaran Partai Politik (Parpol) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ada di Kabupaten/Kota, yakni pada Senin (16/10), baru 1 parpol yang dinyatakan berkas pendaftaranya lengkap oleh KPU Kab Blitar. Padahal KPU RI telah memberikan batas waktu selama 14 untuk melakukan pendaftaran. Kendati demikian,...