ADAKITANEWS, Nganjuk – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 109, Pemerintah Kabupaten Nganjuk menggelar upacara bendera di halaman GOR Bung Karno Kecamatan Begadung, Senin (22/05).

Wakil Bupati Nganjuk, KH Abdul Wahid Badrus dalam sambutannya mengatakan, Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) merupakan simbol permulaan bangkitnya semangat kemerdekaan. Yakni ditandai dengan lahirnya organisasi Budi Utomo, yang didalamnya berisi para perintis kemerdekaan.

Wabup menyampaikan, momentum Harkitnas diharapkan bisa menjadi penyemangat dalam mengisi kemerdekaan. “Hari Kebangkitan Nasional ini ditandai dengan berdirinya Budi Utomo, yang merupakan titik awal upaya merintis kemerdekaan,” ujarnya.

Melalui peringatan tersebut, Wabup yang akrab disapa Gus Wahid itu juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengenang para pendahulu bangsa, yakni mereka yang memulai semangat agar bangsa Indonesia keluar dari belenggu penjajahan.

“Melalui peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, mari kita mendoakan para perintis kemerdekaan, serta meneruskan upaya-upaya tersebut dan mengisinya dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang digelar Pemerintah Kabupaten Nganjuk ini, juga diikuti ratusan peserta yang terdiri dari para Pegawai Negeri Sipil di lingkup Pemkab Nganjuk, perwakilan anggota TNI-Polri, ratusan pelajar, serta berbagai stakeholder terkait.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Wakil Bupati Nganjuk, KH Abdul Wahid Badrus saat memberikan sambutan dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional.(dok. Humas Pemkab Nganjuk)