ADAKITANEWS, Jombang – Imbas dari kecelakaan tunggal yang melibatkan armada Bus Restu jurusan Surabaya-Ponorogo di ruas jalan arteri nasional ring road Mojoagung Kabupaten Jombang, jajaran Satlantas Polres Jombang akhirnya melakukan penutupan sementara terhadap jalan tersebut.

Penutupan dilakukan karena jalan bypass tersebut belum diresmikan. Di samping itu, pintu masuk dan pintu keluar di jalan tersebut belum ada traffic light serta minim penerangan, sehingga rawan kecelakaan dan kriminalitas.

Seperti yang diungkapkan Kanit Lalulintas Polsek Mojoagung, AKP Sumiran, bahwa penutupan jalan ring road Mojoagung sebagai antisipasi kecelakaan yang disebabkan tidak adanya penjagaan petugas.

“Penutupan memakai beton dari Dinas PU guna antisipasi kecelakaan seperti bus restu kemarin. Disamping itu pos pantau lebaran sudah dibongkar, jadi tidak ada yang jaga,” ungkapnya pada Tim Adakitanews.com saat ditemui di kawasan ring road Mojoagung, Jumat (07/07).

AKP Sumiran menambahkan bahwa jalan ring road sengaja ditutup dengan beton dikarenakan ruas jalan tersebut kerap kali dimanfaatkan oleh warga. Meski telah ditutup, lanjut Sumiran, tetapi itu bersifat sementara dan situasional. Ketika nanti ada penumpukan jalan utama, maka ring road akan dibuka untuk pengalihan arus.

“Penutupan tersebut hanya bersifat sementara menunggu peresmian jalan dan tidak menutup kemungkinan ketika nantinya ada kemacetan di jalan utama Mojoagung, maka akan kami buka kembali untuk memecah arus kemacetan,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Sejumlah anggota dari kepolisian saat menutup jalan ring road Mojoagung.(foto: adi rosul)