ADAKITANEWS, Jombang – Hari terakhir pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jombang di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, dua bakal paslon sudah terlihat mendaftarkan diri untuk maju dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah 2018, Rabu (10/01).

Dua bakal paslon yang akan ikut bertarung di Pilkada Jombang yakni pasangan Nyono Suharli Wihandoko dengan Subaidi Mukhtar, dan pasangan Syafi’in dengan Choirul Anam. Selain dua bakal paslon tersebut, sebelumnya juga ada pasangan Mundjidah-Sumrambah yang terlebih dahulu mendaftarkan diri ke KPU Jombang di hari pertama pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jombang untuk periode 2018-2023.

Bakal paslon Nyono-Subaidi yang terlebih dahulu mendaftarkan diri di hari terakhir itu tiba di kantor KPU Jombang pada pukul 10.00 WIB. Dengan membawa seluruh pengurus partai koalisi, pasangan Nyono-Subaidi menyampaikan berkas pendaftarannya.

Pada sambutannya, Nyono Suharli Wihandoko sebagai Bupati Incumbent meyakini bahwa hari dia mendaftarkan diri merupakan hari baik yang akan membawa hal baik pada pihaknya. “Hari ini bertepatan dengan hari Rabu Pon, dan Pilkada serentak 2018 yang jatuh pada tanggal 27 Juni 2018 juga jatuh di hari Rabu. Semoga ini membawa kemenangan,” ujar Nyono.

Menyusul paslon Nyono-Subaidi, paslon Syafi’in-Choirul Anam yang juga mendaftarkan diri di hari terakhir itu. Mereka datang ke kantor KPU Jombang pukul 15.00 WIB dengan membawa massa yang cukup banyak.

Seperti dua paslon lainnya, berkas pendaftaran yang diserahkan ke KPU juga melalui pemeriksaan administrasi.

Pada berkas paslon Syafi’in-Choirul Anam, sedikitnya masih ada berkas yang harus dipenuhi sebagai syarat mencalonkan Bupati dan Wakil Bupati Jombang. Menurut penjelasan Syafi’in dalam jumpa persnya, bahwa kekurangan tersebut tidak menjadi permasalahan. “Berkasnya sudah, tinggal softcopynya saja. Saya kira bukan jadi masalah,” tutur Syafi’in.

Sementara, Anggota Komisioner KPU Jombang Divisi Teknis, Drs Dja’far SH MSi mengatakan bahwa semua berkas pencalonan dari semua bakal paslon sudah lengkap semua.

Untuk berkas paslon yang kurang sempurna, menurut Dja’far akan segera dipenuhi oleh paslon yang bersangkutan. “Untuk softcopy yang belum nanti akan kita bantu untuk alatnya, dan yang melakukan pihak LO pelaksananya. Karena syaratnya adalah menyerahkan softcopy dan hardcopy,” tuturnya.

Untuk diketahui, paslon Nyono-Subaidi didukung oleh Partai Golkar, PKB, PAN dan PKS serta Nasdem. Sedangkan dari paslon Syafi’in-Choirul Anam didukung oleh PDI-P, Partai Hanura dan PBB serta PKPI

Keterangan gambar: Nyono-Subaidi dan Syafi’in-Choirul Anam saat menyerahkan berkas pendaftaran.(foto:adi rosul)