ADAKITANEWS, Blitar – Ratusan pegawai honorer K2 di Kabupaten Blitar yang tergabung bersama Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK) Blitar, Rabu (11/10) sekitar pukul 14.00 WIB mendatangi kantor DPRD Kabupaten Blitar untuk menyampaikan aspirasinya. Mereka menuntut adanya langkah konkret dari Bupati Blitar untuk memberikan sertifikat kepada mereka.

Ditemui setelah hearing bersama DPRD Kabupaten Blitar, Koordinator KRPK Blitar, Mohamad Triyanto mengatakan, pihaknya memberi batas waktu kepada Bupati Blitar hingga 1 November 2017 agar ada langkah konkret untuk memberikan sertifikat kepada pegawai honorer K2, sebagai bekal untuk mengurus tunjangan sertifikasi.

“Kita juga harapkan mulai tahun depan sambil menunggu regulasi tingkat atas, para K2 ini mendapat gaji sesuai UMK,” kata Triyanto, Rabu (11/10).

Triyanto menjelaskan, tahun ini ada Rp 250 miliar lebih anggaran untuk jasmas, dimana modusnya anggaran itu dibawah Rp 200 juta diperjual belikan sebesar 15 – 20 persen. Sehingga rekanan yang membeli itu akan melaksanakan proyek yang kualitasnya kurang maksimal.

Menurutnya, setiap tahun ada kebocoran Rp 40 miliar. Jika dikalkulasi, 900 orang K2 mendapatkan UMK sebesar Rp 1,5 juta dikali 12 tidak sampai 17 miliar. “Nasib K2 ini sangat memprihatinkan. Kalau nanti tidak ada langkah konkret, maka puluhan miliar uang yang diselewengkan akan dilaporkan kawan-kawan pegawai honorer K2 ini,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Susi Narulita mengatakan pihaknya akan menyampaikannya kepada pimpinan DPRD. Sementara dari pihak eksekutif, juga akan segera menyampaikannya kepada Bupati Blitar.

Ia pun berharap, sesuai batas waktu yang diberikan, maka tanggal 1 sudah ada langkah konkret dari pejabat Pemerintah Kabupaten Blitar. “Kalau di wilayah Batu saja bisa. Makanya kita juga akan melakukan kroscek di Batu. Selain itu ia juga meminta kepada Dinas untuk mempelajari benar-benar celah hukum untuk membantu pegawai honorer K2 ini,” paparnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana penyampaian aspirasi honorer K2 di depan kantor DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/111017-fat-blitar-k2-1024x768.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/111017-fat-blitar-k2-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,blitar,honorer,k2
ADAKITANEWS, Blitar - Ratusan pegawai honorer K2 di Kabupaten Blitar yang tergabung bersama Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK) Blitar, Rabu (11/10) sekitar pukul 14.00 WIB mendatangi kantor DPRD Kabupaten Blitar untuk menyampaikan aspirasinya. Mereka menuntut adanya langkah konkret dari Bupati Blitar untuk memberikan sertifikat kepada mereka. Ditemui setelah hearing bersama...