ADAKITANEWS, Nganjuk – Pawai Alegoris dan Aneka Budaya Daerah mengawali peringatan HUT Kabupaten Nganjuk ke-1080, Minggu (09/04). Dalam pawai tersebut, sejumlah pusaka diboyong dan diarak dari Alun-alun Berbek menuju Pendopo Kabupaten Nganjuk.

Pawai dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, diiringi oleh puluhan dokar (kereta kuda,red) hias, becak hias dan berbagai atribut lainnya. Seluruh pimpinan daerah Kabupaten Nganjuk, mulai dari Plt Sekretatis Daerah, Staf Ahli, hingga seluruh Kepala Dinas ikut dalam pawai tersebut.

Plt Sekretaris Daerah Nganjuk, Ir Agus Subagyo yang saat itu memimpin pawai alegoris menyampaikan, diharapkan dengan acara boyongan atau pindahan tersebut menjadikan Kabupaten Nganjuk lebih baik lagi, terutama dalam hal pembangunan.

Tidak hanya itu kata Ir Agus Subagyo, kegiatan boyongan juga merupakan simbol masyarakat Nganjuk yang tetap mikul duwur mendem jeru para leluhur, atau menghargai jasa para pendahulu. “Kirab pusaka ini merupakan wujud mikul duwur mendem jeru para leluhur,” ujar Ir Agus menggunakan logat Jawa sebelum memimpin rombongan berjalan menuju Pendopo Pemkab Nganjuk.

Sepanjang perjalanan terlihat antusias seluruh warga Nganjuk untuk menyaksikan Pawai Alegoris dan Aneka Budaya Daerah tersebut. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa setia menunggu rombongan melintas di sepanjang rute.
Setibanya di depan Pendopo Kabupaten Nganjuk, atau tepatnya di depa Alun-Alun Nganjuk rombongan disambut langsung oleh Bupati Nganjuk, Drs H Taufiqurrahman. Di lokasi tersebut, diserahkan pula pusaka dari Plt Sekda Nganjuk kepada Bupati.

Senada dengan yang disampaikan oleh Ir Agus Subagyo, Bupati Nganjuk, Taufiqurrahman juga berharap dengan peringatan HUT Nganjuk ke-1080 ini, dapat terus meningkatkan pembangunan Kabupaten Nganjuk, demi kesejahteraan masyarakat Bumi Anjuk Ladang.

Untuk diketahui, agenda boyong dari Alun-alun Berbek menuju Pendopo Kabupaten Nganjuk merupakan simbol dari berpindahnya pusat pemerintahan dari Kabupaten Berbek ke Kabupaten Nganjuk.(adv/humaspemkab/kur)

Keterangan gambar: Pawai Alegoris dan Aneka Budaya Daerah Kabupaten Nganjuk dalam rangka HUT Kabupaten Nganjuk ke-1080.(foto: kurniawan)