Ibu Negara Kunjungi Pemeriksaan Kanker Serviks di Sidoarjo

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Ibu Negara, Hj Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi kegiatan pemeriksaan kanker serviks di Puskesmas Candi Kabupaten Sidoarjo, Kamis (27/10). Dalam kunjungan kerja tersebut, kedua Ibu Negara didampingi oleh istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Hj Fatma Saifullah Yusuf.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr Kohar Hari Santoso mengatakan kunjungan Ibu Negara tersebut dalam rangka ingin mengetahui proses pemeriksaan kanker serviks melalui IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) yang dilakukan di Puskesmas Candi. “Agendanya memang ingin melihat pelaksanaan IVA test di Puskesmas Candi ini,” ujarnya.

Kepada awak media, dr Kohar menjelaskan selain melihat proses pemeriksaan kanker serviks hingga laboratorium, Ibu Negara juga banyak memberikan masukan dan harapan agar ibu-ibu bisa memperhatikan bagaimana cara mencegah kanker serviks melalui pemeriksaan IVA. “Ibu Negara berharap ibu-ibu memperhatikan pencegahan kanker leher rahim dan kanker payudara,” imbuhnya.

Dari data yang ada, urutan kanker yang saat ini menjadi penyebab utama kematian pada wanita adalah kanker serviks, kanker payudara dan kanker paru-paru. Meski demikian, dr Kohar mengaku tingkat kesadaran masyarakat sudah sangat baik terkait pencegahan penyakit mematikan tersebut. “Tingkat kesadaran masyarakat sudah sangat baik, sehingga pencegahan bisa dilakukan,” ujarnya.(kur)

Keterangan gambar: Kunjungan Ibu Negara, Hj Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla.(foto: kurniawan)

Recommended For You