Ikuti Pawai HUT Kota Blitar ke-111, Dishub Gambarkan Ketegasannya Berantas Parkir Liar

ADAKITANEWS, Blitar – Pawai dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Blitar ke-111, yang digelar pada Minggu (02/04) diikuti oleh semua jajaran SKPD se-Kota Blitar. Tidak terkecuali Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar yang juga menampilkan kreativitasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan, untuk tahun ini pihaknya menampilkan kreativitas yang berjudul “Andamari Margo”, yang artinya adalah “Pengatur Jalan”. “Tujuannya untuk menggambarkan bahwa dalam kinerjanya, kami benar-benar menegakkan keselamatan pengguna jalan, diantaranya dengan mempertahankan Wahana Tata Nugraha (WTN) yang sudah kami dapatkan,” kata Priyo saat dihubungi Tim Adakitanews.com, Minggu (02/04).

Priyo menjelaskan, pada pawai tersebut tampilan Dishub yang paling menonjol adalah simbol-simbol Dishub dengan dikawal manggolo atau petugas Dishub. Diikuti dengan masyarakat yang dilindungi dalam bentuk orang yang menari atau disebut sendratari dalam keadaan tenang dan gembira. Kemudian Buto (raksasa), dan gambaran atasan atau Pimpinan Dishub. “Adanya sendratari ini mencerminkan penegakan parkir dan memberantas parkir liar. Sedangkan buto menggambarkan seorang oknum petugas parkir liar. Sehingga buto yang mengganggu keselamatan masyarakat ini diusir dengan adanya perintah dari Pimpinan Dishub kepada petugas Dishub,” jelasnya.

Melalui tampilan ini, Priyo berharap bisa mengangkat jiwa korsa atau kesadaran dari personel Dishub dalam mengelola keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. “Ada juga introspeksi kepada para juru parkir (jukir), karena dalam tampilan juga ada perwakilan petugas parkir dibelakang dengan membawa beberapa slogan, seperti kata-kata kami siap melayani parkir dengan ramah dan baik, siap memberikan karcis setiap anda parkir, dan parkir gratis jika tidak ada karcis resmi,” imbuhnya.

Keterangan gambar: Tampilan kreativitas dari Dinas Perhubungan Kota Blitar dalam pawai peringatan HUT Kota Blitar ke 111.(ist)

Recommended For You