Dinas pendidikanADAKITANEWS, Kota Kediri – Ketua Dewan Pendidikan Kota Kediri M Atrup mempertegas keberadaan Siswanto Kepala Dinas Pendidikan (Ka Disdik) dan puluhan Kepala Sekolah (Kepsek) SMA dan SMK se Kota Kediri. Menurutnya, selama 5 hari mereka pergi ke Luar Negeri bukan merupakan program Dinas Pendidikan.

“Sejak Selasa kemarin mereka (Disdik-red) pergi ke Thailand bersama dengan seluruh Kepala Sekolah SMA, SMK Negeri dan juga beberapa Kepala Sekolah Swasta,” ujar M Atrup kepada tim adakitanews.com, Jumat (22/04)

Menurut Atrup dirinya mengaku sempat diajak bicara soal kunjungan ke Thailand. Tetapi pembicaraannya itu hanya sekedar pemberitahuan kalau Ka Disdik dan puluhan Kepala sekolah ke Thailand. “Waktu mau berangkat memang sempat memberi tahu saya soal kunjungannya ke thailand,” katanya.

Saat dimintai keterangan soal maksud dan tujuan kunjungan Ka Disdik dan Kepsek ke Thailand, Atrup mengaku tidak mengetahui apa visi dan misinya 5 hari di Thailand. Ia mengatakan, jika Disdik tidak ada program kerjasama dengan Thailand. Menurutnya, yang memiliki program kerjasama dengan perusahaan di Thailand itu justru SMK Al Huda.

“SMK Al Huda di Thailand memang ada kerja sama dengan beberapa perusahaan disana. Ya semoga saja mereka semua (Disdik dan Puluhan Kepsek-red) disana dalam kepentingan pendidikan di Kota Kediri,” harapnya

Terkait anggaran yang digunakan perjalanan ke Luar Negeri, M Atrup mengaku tidak tahu. Ia justru mengatakan jika semuanya pasti akan tahu darimana anggaran tersebut. “Saya tidak tahu, apakah dari saku mereka sendiri atau dana APBD. Ya nanti semuanya pasti tahu kok,” ujar salah satu Dosen UNP PGRI Kediri ini.

Salah satu Kasubag di Disdik Kota Kediri mengatakan jika kepergian Kepala Disdik bukan bagian dari program Disdik. Pihaknya juga tidak mengetahui jika Ka Disdik dengan sejumlah Kepsek se Kota Kediri berada di Thailand.

“Kalau diprogram (Disdik-red) tidak ada mas. Sejak Senin kemarin saya ada di luar kota mas, jadi saya juga tidak tau keberadaan kepala dinas saya,” ujarnya

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, keberadaan Ka Disdik ini memang membingungkan, pasalnya, Titik Susilowati Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kediri, Rabu (20/04) mengatakan jika Ka Disdik berada di Jakarta. Selain itu, pihak Inspektorat Kota Kediri mengaku jika tidak menerima surat ijin baik dari Siswanto Ka Disdik maupun Kepsek SMA, SMK se Kota Kediri.

“Saya juga baru tahu ini, kalau Pak Sis (Siswanto-red) meninggalkan kantor. Tetapi disini tidak ada tembusan. Saya yakin hal itu pasti ada izinnya,” jelas Saiful Choiri Sekretaris Inspektorat Kota Kediri, Kamis (21/04).(Zam/Zay)

Keterangan Gambar : Kantor Disdk Kota Kediri yang ditinggal kepalanya ke Luar negeri selama 5 hari.