ADAKITANEWS, Kota Madiun – Sebanyak 15 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 81 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik dan disahkan oleh Ketua KPUD Kota Madiun di ballroom Hotel Aston Kota Madiun, Kamis (23/11).

Ketua KPUD Kota Madiun, Sasongko berharap nantinya para anggota PPK dan PPS mampu dan bisa menjalankan tugas-tugas sesuai tupoksinya, serta taat dan patuh terhadap semua aturan sekaligus memiliki dan selalu menjaga integritas dan profesional dalam pekerjaannya.

Terkait adanya beberapa ASN yang ikut dilantik pada hari itu, Sasongko membenarkan jika ada ASN yang juga menjadi anggota PPS. Karena menurutnya hal itu tidak melanggar ataupun bertentangan dengan aturan yang ada.

“Terpenting ASN wajib menjaga integritas serta profesionalisme yaitu, netralitas dan loyalitas dalam bekerja,” tegas Sasongko.

Dalam kesempatan terpisah Wakil Walikota Madiun, Armaya menjamin ketersediaannya kesekretariatan bagi PPK di tiap – tiap Kecamatan, termasuk tenaga PNS untuk diperbantukan di PPK.

“Sudah merupakan komitmen dari Pemkot untuk ikut mensukseskan serta memberikan fasilitas bagi proses persiapan serta rekapilutasi kepada penyelenggara Pemilukada pada tahun 2018 mendatang,” tegas Armaya.

Disinggung adanya ASN yang ikut menjadi PPS, Armaya tidak mempermasalahkan karena memang tidak melanggar aturan. Hanya saja dirinya berpesan bagi ASN khususnya, nantinya wajib netral alias tidak boleh memihak kepada salah satu calon tertentu.

“Jika nantinya ada ASN yang terbukti menjadi atau terlibat secara langsung ikut mensukseskan salah satu pasangan calon, silahkan laporkan ke saya atau Pak Wali, biar mendapat sanksi tegas,” kata Armaya.

Masih menurutnya, bisa saja sanksi tersebut berupa pemecatan. Dan jika nantinya terlibat kasus hukum, Pemkot juga tidak akan membantu ASN tersebut.

Dalam pelantikan tersebut selain dihadiri oleh Wakil Walikota Madiun, juga dihadiri oleh unsur Forkopimda lainnya, Kepala OPD, Camat, serta Lurah se-Kota Madiun dan disaksikan oleh Komisioner Panwaslu Kota Madiun.(bud)

Keterangan gambar : Pelantikan PPK dan PPS oleh Ketua KPUD Kota Madiun.(foto : budiyanto)