Jalan Raya Teratai Ngadiluwih, Pasar Tanaman Hias Nasional

6760

2015-08-08_20.13.112015-08-08_20.13.40

ADAKITANEWS, Kediri – Tanaman hias saat ini telah menjadi salah satu jenis usaha yang patut di perhitungkan. Terbukti dengan makin pesatnya pertumbuhan pasar tanaman hias di sepanjang jalan raya Teratai Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

Pantauan tim adakitanews.com, berbagai macam jenis tanaman hias di sepanjang area jalan teratai ini ber jajar dengan rapi dan indah.  Hampir semua tanaman hias yang dapat tumbuh di daerah tropis di jual di arena tersebut. Mulai dari bunga matahari, bunga bugenfil, berbagai jenis anggrek, tanaman buah, buahan. hingga aneka bonsai juga tersedia di sepanjang jalan raya ini.

Evi sulistiowati salah satu penjual tanaman menjelaskan, adanya peningkatan penjualan hingga 30% tiap tahunnya. Mulai dari permintaan bunga, jenis buah, jenis rumput, dan berbagi macam jenis tanaman hias yang lainnya. untuk Peminat tanaman hias di sepanjang jalan raya teratai ini sendiri bukan hanya dari Kabupaten Kediri saja namun juga dari berbagai  Kota di seluruh Indonesia.

” Alhamdulillah tahun ini lebih baik dari tahun kemarin penjualannya. Tiap tahun pelanggan kami makin banyak. Kalau bisanya penjualan tanaman rata-rata 20- 30 bunga per hari. Tapi kalau pas ada borongan taman ya sehari sampai 1 juta bisa saya dapatkan, Kalau yang beli sih dari berbagai kota, biasanya juga membuat pesanan taman sampai ke Bali” urai Evi

Dengan hasil yang menguntungkan dari berjualan bunga ini, membuat warga sekitar tertarik sehingga membuat taman sendiri di depan rumahnnya. Lebih lanjut Evi mengatakan mendapatkan bibit-bibit bungan tersebut dari Kota Batu Malang. Namun, seringkali para pedagang bunga hias ini melakukan cangkok, atau setek.  “Disini banyak penjual yang nyetek ,nyangkok sendiri kalo  untuk bibit saya biasa ambil di kota batu,” jelasnya

Sementara itu Afif salah satu pembeli dari Kota Magetan Jawa Timur  menjelaskan setiap 3 – 4 bulan sekali berbelanja bunga di jalan teratai tersebut. Selain bunganya yang beraneka ragam, harga bunga di jalan teratai tersebut cukup terjangkau. Untuk tanaman bunga matahati setinggi 80 cm  bisa di beli cukup dengan harga Rp 12 ribu.

“Saya setia 3- 4 bulan sekali kesini, bungannya bagus- bagus tidak gampang layu. Yang pasti juga murah. Jadi kami langganan di sini,” ujar Afif

Pasar di sepanjang jalan raya teratai ini telah menjadi salah satu jenis usaha bersama yang berpotensi untuk bersaing di pasar global, selain karena daerah nya yang strategis juga potensi masyarakat sekitar yang kreatif dalam membuat kreasi di bidang tanama hias.(dee/zay)