Jalan Sehat Berlangsung Ricuh, Walikota Kecewa Berat 

ADAKITANEWS2015-09-13_18.05.44, Madiun – Jalan santai yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun dalam memperingati HUT RI ke-70 di Lapangan Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Minggu (13/9), berlangsung ricuh. Pasalnya, kupon gratis dibagikan di jalan tidak sesuai dengan jumlah peserta. Ditaksir hampir separuh warga dari 9 kelurahan di Kecamatan Kartoharjo itu tidak mendapatkan kupon.

Warga kecewa lantaran tidak mendapat kupon. Mereka merebut kotak kupon undian yang dibawa oleh panita dan membuangnya ke selokan di sekitar lokasi. Peserta yang tidak mendapat kupon berada di bagian tengah hingga kebelakang . Ketika peserta mendatangi panitia hanya mendapat jawaban habis.

Mengetahui banyak peserta yang tidak kebagian kupon undian, sejumlah peserta yang geram langsung merebut kupon undian yang sudah dimasukan ke kotak karton. Saat peserta merebut kupon yang sudah dikumpulkan, panitia tidak bisa berbuat banyak. Warga meminta kotaknya agar diserahkan dan dibuang. Panitia hanya bisa terdiam dan mengikuti permintaan peserta.

“Mereka merebut kotak, diiringi dukungan warga lain dengan meneriakan pembatalan. Kotak berisikan kupon undian langsung dibuang ke selokan. Mereka kecewa, karena kupon diberikan panitia habis. Padahal masih ada ribuan warga belum kebagian,” ujar Didik salah satu warga yang ikut dalam jalan santai. Hal itu dibenarkan oleh sejumlah peserta yang sudah berangkat dari rumah sejak pukul 05.30.

“Kami sejak pagi berangkat dan kebagian pemberangkatan bagian tengah. Sesampai jelang lapangan kupon undian habis. Kami pasti kecewa, kemudian terlihat sejumlah orang merebut dan membuang kupon undian ditangan panitia. Diikuti, warga lain langsung naik panggung meminta agar undian dibatalkan,” ujar Tomi.

Sementara itu, Walikota Madiun, Bambang Irianto menyayangkan tidak siapnya panitia penyelenggara. “Saya melihat sendiri, jelas panitia tidak siap mengantisipasi jumlah peserta jalan sehat, Saya pasti kecewa atas kejadianini. Masak ngurus begitu saja tidak becus,” ujar dengan nada tinggi.

Untuk meredam aksi warga, Walikota Madiun dan sejumlah pejabat memberikan hadiah cadangan uang tunai Rp. 10 juta yang kemudian langsung diundi. Sedangkan untuk hadiah utama, berupa tiga unit motor, kulkas serta ratusan hadiah hiburan lainnya terpaksa ditunda dan akan diundi Minggu (27/9) mendatang. Meski begitu, ribuan warga yang mengikuti jalan sehat terlanjur pulang. (UK)

Keterangan Gambar : Peserta jalan santai di Lapangan Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, nekad naik ke panggung dan meminta pengundian dibatalkan, karena masih ada ribuan peserta belum mendapatkan kupon undian.

Recommended For You