Jalur Pare-Wates Rusak Parah Akibat Truk Pasir

IMG_9946IMG_9925@dakitanews Kediri – Kerusakan jalan parah akibat truk pasir tidak hanya terjadi di Wilayah Kecamatan Ngancar dan Kecamatan Wates Kabupaten Kediri saja, namun juga terjadi sepanjang jalur Wates-Pare.

Kerusakan jalan itu, menurut warga yang disebabkan oleh truk pengangkut material tambang tersebut sudah berlangsung sejak lama. Namun bukan perbaikan jalan yang didapat, justru kerusakan jalan yang bertambah parah.

“Rusaknya ini sudah lama, tidak buru-buru diperbaiki atau bagaimana, malah jalan rusak dibiarkan, akhirnya ya tambah rusak”, jelas salah satu warga Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri yang enggan disebutkan identitasnya.

Selain itu, menurut warga lainnya, jalur provinsi yang menghubungkan Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Blitar, mengaku setiap harinya jalur sempit tersebut memang ramai dilalui kendaraan. Ditambah lagi dengan kendaraan pengangkut material tambang, jalur tersebut semakin ramai. Lebih-lebih jika kendaraan berpapasan, tak jarang jika salah satu kendaraan harus rela mengalah ataupun bersabar untuk mengantri.

“Setiap hari memang ramai, karena inikan jalur alternatif bagi yang ingin cepat sampai”, Ujar Dodik Setiawan, warga Desa Prangang, Kecamatan Plosoklaten.

Titik-titik kerusakan jalan berada disepanjang jalur Pare-Wates selain jalan bergelombang juga berupa lubang ukuran kecil hingga hampir separuh badan jalan.

Dalam catatan Polsek Plosoklaten sekitar bulan September 2014 lalu, sedikitnya telah mengamankan 7 truk pengangkut material tambang. Kasusnya hingga hari ini telah dilimpahkan ke Polres Kediri untuk mendapat tindak lanjut.

Truk yang diamankan tersebut tidak hanya pengangkut material dari luar daerah saja. Ada juga truk pengangkut material yang berasal dari wilayah Kediri yaitu Triples S yang menurut informasi memegang ijin dari Koperasi Mitra Bola .(Bimo)

Keterangan Gambar : Jalan berlobang banyak ditemui di Jalur Wates Pare Kabuten Kediri 

Recommended For You