ADAKITANEWS, Kota Kediri – Penggunaan jalur sepeda di beberapa ruas jalan di Kota Kediri nampaknya masih perlu banyak disosialisasikan. Pasalnya banyak pengguna jalan selain pengendara sepeda, yang sering berlalu lalang bahkan kerap menjadikannya sebagai lahan parkir atau berjualan.

Seperti yang terlihat di Jalan Veteran dan Jalan Diponegoro Kota Kediri pada Senin (18/09) siang. Di beberapa lokasi, tampak berjejer kendaraan yang tengah parkir atau para pedagang yang menjajakan dagangannya.

Hal tersebut tentu saja dikeluhkan para pengendara sepeda, salah satunya Saddam Khoirul Anam. Siswa yang mengaku setiap hari menggunakan sepeda saat berangkat maupun pulang sekolah ini, sebenarnya senang dengan sudah disediakannya jalur khusus untuk sepeda.

“Sebenarnya dengan adanya jalur pesepeda ini sangat membantu. Tapi banyak pemotor yang lalu-lalang di jalur sepeda ini. Apalagi pas pagi hari waktu orang-orang berangkat kerja,” tuturnya.

Sadam, salah satu siswa SMA di Kota Kediri itu berharap, pemerintah harusnya banyak mensosialisasikan tentang jalur khusus pesepeda, supaya para pesepeda di kota Kediri merasa nyaman berkendara di jalur khusus tersebut.

Hal yang sama juga disampaikan Indah Kusumaningrum, siswa SMP yang saat itu melintas di jalur sepeda kawasan Jalan Veteran Kota Kediri. Meski senang dengan adanya jalur khusus pengguna sepeda, namun ia juga menyesalkan masih adanya pelanggaran.

“Kadang saya juga takut dengan adanya pengendara sepeda motor yang masuk jalur sepeda. Ya karena kan gak ada pembatasnya,” ucapnya.

Indah juga berharap, pemerintah bisa lebih banyak menambah jalur-jalur khusus untuk pesepeda, agar nantinya juga lebih banyak pengendara yang menggunakan sepeda.(kdr1)

Keterangan gambar: Salah satu kendaraan yang terlihat parkir di lajur khusus sepeda.(foto: muchlis ubaidhillah)