jemah haji datang 4jemah haji datang 7@dakitanews Nganjuk – Tangis haru keluarga mengiringi kedatangan 604 Jamaah  Haji asal Nganjuk, Jawa Timur, yang terbagi dalam kloter 17 dan 18. Dari 604 jamaah haji, tiga diantaranya pulang dalam keadaan sakit, sementara dua jamaah haji meninggal di arab saudi ketika melakukan ibadah haji.

Dengan menggunakan 10 bus, kloter 17 jamaah haji yang mengangkut 440 jamaah asal Nganjuk tiba terlebih dahulu di pendopo kabupaten. Selang dua jam baru kloter 18 menyusul datang,  menggunakan empat buah bus.

Tangis haru keluarga pecah begitu mengetahui kedatangan jamaah di pendopo. Rasa senang bercampur bahagia mengiringi kedatangan para jamaah haji yang telah menunaikan ibadah haji. Bahkan beberapa anggota keluarga yang tidak sabar berusaha menembus pagar pembatas yang dijaga ketat petugas, beruntung petugas berhasil mengendalikan suasana, sebelum semua penjemput masuk ke areal pendopo kabupaten.

“Jelas terharu begitu melihat kakak pulang dalam keadaan selamat, sebab selain ketika berangkat dalam kondisi sakit, kakak juga harus menunggu 8 tahun untuk bisa menunaikan ibadah haji,” Ujar Parmiati, salah seorang penjemput jemaah Haji.

Gozali Afandi, Kabag Humas Pemkab Nganjuk mengungkapkan, Jamaah Haji yang tiba di Nganjuk berkurang sebanyak dua jamaah. Sebelumnya jumlah jamaah haji terdiri dari 606 jamaah haji, kini tinggal 604 jamaah saja.

Dua jamaah diketahui meninggal dunia ketika sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Sementara dari jamaah yang pulang, satu jamaah bernama Marjan asal Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Dokter Sutomo karena menderita sakit. Pihak panitia menyebut sakit jamaah tersebut disebabkan faktor usia dan bukan karena terkena penyakit virus ebola.

“Dua jamaah haji yakni Gozali asal Desa Kebun Agung sawahan, dan Maliki asal Desa Baron Kecamatan Baron, terpaksa langsung diantarkan panitia ke rumahnya masing-masing menggunakan mobil ambulance  karena mengalami sakit ringan, ketika dalam perjalanan pulang dari arab Saudi, ” Tandas Gozali Afandi Kabag Humas Pemkab Nganjuk. (Jati)

Keterangan Gambar :  Suasana haru mengiringi kedatangan para jamaah haji Kabupaten Nganjuk