Jamin Perekrutan Panwascam Tanpa Rekayasa Atau Titipan

584

ADAKITANEWS, Kota Madiun – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Madiun akhirnya memilih dan menetapkan 9 anggota Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan), Rabu (01/11). Sembilan orang terpilih ini merupakan hasil proses penyaringan yang ketat serta selektif, untuk memperoleh calon Panwascam yang benar-benar berintegritas.

Kokok Heru Purwoko selaku Ketua Panwaslu Kota Madiun mengatakan jika tiga besar di masing-masing kecamatan ini merupakan pilihan yang terbaik dari seluruh calon yang mengikuti seleksi.

“Tiga besar ini dihasilkan melalui proses persaingan yang sangat ketat dimulai dari seleksi administrasi, tes tertulis, dan tes wawancara, ” jelas Kokok kepada Tim Adakitanews.com di kantor Panwaslu Kota Madiun, Rabu (01/11).

Dasar penilaiannya, menurut Kokok HP, merupakan akumulasi dari penilaian tes wawancara serta tes tulis. Untuk sesi wawancara, lanjutnya, sangat banyak berpengaruh karena memiliki banyak kriterianya. “Sekitar lima kriteria yang kita ajukan sebagai pertanyaan, meliputi pengetahuan kepemiluan, wawasan lokal Kota Madiun, motivasi, integritas, serta alasan kenapa ingin menjadi seorang Panwascam,” lanjutnya.

Kokok Heru Purwoko sendiri bersama tim di Panwaslu Kota Madiun berani menjamin jika hasil ini merupakan hasil murni melalui seleksi, tanpa titipan ataupun rekayasa. Ia mengaku juga mengambil referensi atau masukan dari masyarakat, baik positif ataupun masukan negatif, yang juga ikut diklarifikasikan kepada masing-masing calon saat wawancara.

“Persoalan ada yang puas dan tidak puas terhadap hasil ini merupakan hal yang wajar saja. Namun yang pasti kami bersama tim sangat mempertanggung jawabkan pilihan tersebut,” tegas Kokok mengakhiri wawancara.(bud)

Keterangan gambar : Kokok Heru Purwoko, Ketua Panwaslu Kota Madiun, saat sesi tes tulis calon anggota Panwascam beberapa waktu yang lalu.(foto : budiyanto)