Kediri(adakitanews.com)—Petugas Satreskrim Polres Kediri Kabupaten Kediri, mengamankan Darmawan Amril, seorang oknum Kepala Desa Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Jumat (19/6/2020).

Kades tersebut diamankan lantaran melakukan tindakan penipuan. Kasat Reskrim Polres Kediri, AKP Gilang Akbar menjelaskan, penahanan oknum Kepala Desa dengan status aktif itu dilakukan setelah adanya laporan dari Agus Sunyoto yang menjadi korban dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan.

Berdasarkan keterangan korban, mengaku bahwa DA memintai sejumlah uang dan dijanjikan jabatan sebagai perangkat desa.”Janji yang diberikan hingga saat ini tidak dipenuhi oleh pelaku. Akhirnya korban melapor,” jelasnya, Sabtu (20/6/2020).

Padahal, kata AKP Gilang, menurut pengakuan korban, dia memberikan sejumlah uang sejak tahun 2012 secara bertahap. “Kalau totalnya, hampir Rp 200 juta. Akhirnya korban melaporkan kasus tersebut ke Polres Kediri,” bebernya.

AKP Gilang mengatakan, dari hasil penyelidikan, personel Satreskrim sementara ini mengamankan barang bukti satu unit telepon genggam (HP) yang digunakan berkomunikasi dengan korban, dan satu unit flashdisk berisi rekaman video.

Sementara uang yang sudah dikirim korban, sambungnya, menurut pengakuan Kades Wates sudah habis digunakan untuk keperluan pribadi. “Pemeriksaan masih terus berlanjut, namun atas perbuatannya, kepada pelaku kami sangkakan Pasal 372 dan Pasal 378 KUHP tentang penggelapan dan penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” ucapnya.

Perlu diketahui, oknum Kades Wates tersebut berada di Mapolres Kediri pada Jumat (19/6/2020) malam. Sebenarnya sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak satu bulan lalu. Namun Kades Wates baru diamankan, karena tim penyidik masih melengkapi materi pemeriksaan dengan sejumlah barang bukti tambahan.(gar).