ADAKITANEWS, Blitar – Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Jawa Timur (Jatim) bakal digelar tahun 2018. Berbagai kesiapan sudah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pengawasan, Lukman Hakim mengatakan, pada awal tahun 2018 atau tepatnya bulan Januari, pihaknya melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDB) secara serentak akan melakukan pencocokan dan penelitian atau (coklit) data pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018.

“Awal tahun secara serentak kita akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur. Ini sudah sesuai dengan tahapan yang harus kita lakukan,” kata Lukman, Senin (25/12).

Lukman mengaku, PPDB dalam melakukan coklit ini akan mendatangi ke rumah-rumah warga langsung dari pintu ke pintu. Pada tahap ini akan dilakukan pencocokan dan penelitian pada nama-nama pemilih yang ada dalam data pemilih atau bahan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dengan dokumen KTP/KK. Kemudian baru dikonfirmasikan ke yang ditemui di rumah-rumah.

“Saat ini kita terus melakukan bimtek kepada para Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui PPDB,” jelasnya.

Lukman menambahkan, kegiatan pemutakhiran pemilih didesain agar dapat menghasilkan data pemilih yang benar-benar akurat, “Kita harus benar-benar teliti agar data yang kita peroleh akurat,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Lukman Hakim, Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pengawasan.(foto : fathan)