ADAKITANEWS, Jombang – Kepastian rekomendasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Jombang masih belum jelas.

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar menyampaikan bahwa dirinya sudah mendapatkan laporan dari DPC PKB Kabupaten Jombang terkait sikap politiknya menjelang Pilbup Jombang 2018 mendatang. “Saya sudah mendapat laporan bahwa PKB Jombang sudah bekerjasama untuk mendukung Golkar dengan Pak Nyono sebagai incumbent,” tutur Ketua Umum PKB saat diwawancarai Tim Adakitanews.com, Sabtu (09/12).

Meski sudah adanya laporan terkait kerjasama politik untuk mendukung Nyono Suharli Wihandoko sebagai incumbent yang akan kembali maju dalam pilbup Jombang, Muhaimin Iskandar menyampaikan bahwa belum ada penetapan dari DPP PKB.

“Kita tunggu saja laporan resminya, semoga bisa bersatu dengan Bupati. Untuk siapa yang ditunjuk kita tunggu nanti, saya belum tahu,” tandasnya.

Sementara, Partai Golkar juga belum menurunkan rekomendasinya untuk Calon Wakil Bupati (Cawabup) yang akan mendampingi Nyono Suharli Wihandoko sebagai incumbent. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Jombang, Surahmad, Jumat (08/12) kemarin.

Belum turunnya rekomendasi tersebut, sambung Surahmad, dikarenakan Nyono Suharli Wihandoko belum mengajukan nama Cawabup ke DPP Golkar. “Kita juga masih menunggu rekomendasi, dan kita masih tetap koordinasikan dengan partai koalisi,” ujarnya.

Untuk diketahui, kedua Partai Golkar dan PKB Kabupaten Jombang telah memutuskan untuk melakukan kerjasama politik untuk mensukseskan pilbup Jombang. Hal tersebut ditandai dengan penandatangan MoU oleh kedua belah pihak pada Jumat (08/10) yang lalu.

Dalam isi perjanjian kerjasama tersebut, DPC PKB Kabupaten Jombang menawarkan tiga kader terbaiknya untuk menjadi bacawabup dan mendampingi Nyono Suharli Wihandoko. Tiga kader PKB itu, yakni Mas’ud Zuremi, H Munir Alfanani dan Subaidi Muktar.(ar)

Keterangan gambar: Sekretaris DPD Golkar Jombang, Surahmad (kiri) dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.(foto:adi rosul)