ADAKITANEWS, Tulungagung – Menjelang akreditasi Puskesmas di Kabupaten Tulungagung yang akan dilaksanakan beberapa bulan mendatang, masih dijumpai sejumlah puskesmas dengan kondisi ruang pelayanan yang kurang layak.

“Kami melakukan pemantauan langsung ke lapangan untuk melihat kesiapan unit-unit layanan kesehatan masyarakat di tingkat kecamatan dan desa jelang akreditasi puskesmas beberapa bulan mendatang,” kata Ketua Komisi C DPRD Tulungagung, Subani Sirab, Sabtu (04/11).

Komisi C DPRD Tulungagung mengaku telah menemukan sejumlah puskesmas dengan kondisi ruang pelayanan yang kurang layak, rusak, atau bahkan kekurangan fasilitas saat melakukan inspeksi mendadak yang dilakukan selama beberapa hari ini.

Ungkap Subani, beberapa puskesmas yang sudah dilakukan inspeksi dan evaluasi antara lain adalah Puskesmas Ngantru, Karangrejo, Kauman serta Gondang. Inspeksi masih akan dilanjutkan ke beberapa puskesmas lain di seluruh wilayah Tulungagung.

“Temuan di lapangan hampir sama, yakni kekurangan ruangan. Berarti sebagian besar puskesmas butuh penambahan ruangan. Itu dipakai tidak lain untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Bahkan dalam pantauannya, Subani menemukan ruangan di puskesmas yang tidak layak, salah satunya adanya ruangan berukuran 2,5 x 2,5 meter yang dipakai untuk dua orang dokter, sehingga membuat kurang nyaman. Beberapa yang menjadi tolak ukur evaluasi tim Komisi C ini, kata Subani adalah terkait ketersediaan fasilitas ruang untuk pelayanan puskesmas, misalnya rawat inap ataupun ruang perawat dan dokter.

“Seluruh hasil inspeksi lapangan nanti akan dievaluasi bersama untuk perbaikan, baik dalam hal penganggaran perbaikan tahun depan maupun dalam hal pelayanan publik. Ini yang akan kita komunikasikan dengan jajaran dinas kesehatan daerah,” katanya.(ta1)

Keterangan gambar : Puskesmas di Kabupaten Tulungagung akan diakreditasi.(ist)