ADAKITANEWS, Blitar – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Blitar menggelar inspeksi mendadak pemeriksaan hewan kurban di Pasar Hewan Wlingi, Selasa (15/08). Sidak ini dilakukan untuk memastikan kesehatan dan ketersediaan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha di Kabupaten Blitar.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), drh M Imaduddin mengatakan, sidak ini untuk memastikan ketersediaan hewan kurban mencukupi, khususnya di wilayah Kabupaten Blitar. Tidak hanya memeriksa ketersediaan hewan kurban, pihaknya juga memeriksa kesehatan hewan kurban. “Satu per satu petugas memeriksa kambing maupun sapi untuk memastikan giginya ini sudah ada yang tanggal,” katanya, Selasa (15/08).

Selain pemeriksaan gigi, lanjut Imaduddin, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan pada mata dan telinga, kesehatan anus, serta kesempurnaan calon hewan kurban. “Kalau ada luka di mata dan telinga kering perlu pengobatan sebelum digunakan untuk kurban. Namun ini masih ada waktu dua minggu lagi, jika ada temuan maka masih cukup untuk melakukan pengobatan,” tegasnya.

Tidak hanya memeriksa fisik calon hewan kurban, Kesmavet Disnakkan Kabupaten Blitar juga mengambil sampel darah sapi untuk kurban. Pengambilan sampel darah ini bertujuan untuk mengetahui penyakit yang dibawa oleh hewan kurban sebelum digunakan untuk berkurban.

Imaduddin menjelaskan, untuk Kabupaten Blitar saat ini sudah bebas anthrax. Bahkan pihaknya sudah memvaksinasi berkala untuk sapi-sapi di Kabupaten Blitar agar bebas penyakit berbahaya itu. Selain itu, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan hewan secara berkala, baik menjelang kurban atau tidak. “Ini untuk memastikan pembeli mendapatkan binatang yang terbaik dan mencegah adanya penyakit pada hewan,” papar Imaduddin.(fat)

Keterangan gambar: Suasana sidak di pasar Wlingi Kabupaten Blitar.(ist)