width=

ADAKITANEWS, Jombang – Menjelang arus mudik lebaran, jalur KA (Kereta Api) di Jombang sepanjang 12 meter diketahui amblas sedalam 4 centimeter. Rel yang amblas itu tepat berada di perlintasan Jl Raya Plosorejo Kecamatan Bandar Kedungmulyo Jombang.

Suprapto, 43, salah satu petugas perbaikan rel KA mengatakan, menjelang arus mudik lebaran pihaknya telah melakukan pengecekan jalur. Hasilnya, ditemukan jalur KA yang mengalami kerusakan cukup parah. Rel yang berada di atas aspal itu mulai tenggelam hingga 4 sentimeter. Karena itu sejak dua hari ini petugas langsung melakukan perbaikan. Rel yang amblas diangkat dan bantalan rel yang sudah rapuh diganti dengan yang baru.

“Ini rawan karena kendaraan yang melintas tidak bisa lancar karena jalannya terlalu rendah. Ini sudah tiga hari ini,” kata Suprapto, Rabu (15/06).

Amblasnya rel di perlintasan jalur nasional itu membuat arus kendaraan menjadi terhambat. Ratusan kendaraan baik dari arah Surabaya menuju Madiun ataupun sebaliknya harus bersabar dengan berjalan merayap secara bergantian saat melintasi jalur setempat.

Menurut Suprapto, amblasnya rel di perlintasan KA Plosorejo bukan tanpa sebab. Salah satu pemicunya adalah tingginya arus lalu lintas yang melewati jalan tersebut. Bukan hanya kendaraan ringan, namun kendaraan berat seperti truk gandeng, bus, kontainer juga kerap melintas di jalur nasional itu. Dia jelaskan lebih lanjut, perbaikan akan terus dikebut dan dipastikan selesai sebelum arus mudik untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik.(Tari/Jati)

Keterangan Gambar: Petugas tengah memperbaiki rel yang amblas di lintasan KA Jalan raya Desa Plosorejo Kecamatan Bandar Kedungmulyo Jombang.