width=

ADAKITANEWS, Jombang – Menjelang mudik lebaran, PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus melakukan perbaikan dan pengecekan kondisi rel kereta. Perbaikan dilakukan untuk mengantisipasi kereta anjlok akibat padatnya arus kereta selama mudik maupun arus balik.

Kepala Stasiun Jombang, Sutrisno mengatakan perbaikan dilakukan sekaligus untuk memberikan jaminan pengguna kereta api agar aman selama menjalani mudik lebaran tahun ini. Pasalnya, jalur kereta di Jombang merupakan salah satu jalur padat, baik kereta jarak dekat maupun jarak jauh.

Petugas saat ini berkonsentrasi pada pengecekan kerapatan wesel atau jalur simpangan di sekitar stasiun Jombang. Pemeriksaan dilakukan secara berkala untuk memastikan keamanan kereta api saat terjadi perpindahan jalur dan arah kereta sesuai tujuan.

“Tadi itu pengencangan baut-baut untuk menjamin keselamatan,” kata Sutrisno, Kamis (16/06).

Perbaikan dilakukan dengan mengencangkan baut yang lepas maupun kendor. Selain itu petugas juga memberikan pelumas di sekitar rel yang sering bergerak mengubah jalur kereta. Sekaligus melakukan penyambungan ulang di titik-titik yang mengalami pengeroposan akibat pemuaian.

Petugas mengakui saat ini terus melakukan perbaikan dan pemeriksaan di jalur-jalur yang rawan. Selain membenahi wesel di jalur persimpangan, petugas juga memeriksa peralatan lain seperti lonceng bunyi kereta sebagai tanda kereta akan bergerak maupun tiba di lokasi stasiun. Apalagi pada masa mudik lebaran nanti tingkat kedatangan dan keberangkatan kereta dipastikan akan lebih tinggi.(Tari/Jati)

Keterangan gambar: Petugas tengah memperbaiki rel jalur persimpangan kereta di area Stasiun Jombang.