ADAKITANEWS, Blitar – Jajaran Polres Blitar Kota melakukan pemantauan peredaran petasan dan kembang api menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Salah satu upayanya adalah dengan mengecek penjualan petasan dan kembang api ke sejumlah distributor dan pedagang eceran di Kota Blitar, Senin (18/12).

Pengecekan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar. Kasubag Humas Polres Blitar, Iptu Sony S mengatakan, saat pengecekan Kapolres bersama anggota mendatangi dua distributor kembang api dan petasan. Yakni di UD Sri Rejeki dan UD Doraemon, yang keduanya berada di Jalan Ciliwung Kota Blitar.

“Di dua tempat itu, petugas mengecek jenis kembang api dan petasan yang dijual,” kata Iptu Soni, Senin (18/12).

Hasil pengecekan, lanjut Iptu Sony, tidak ditemukan petasan dan kembang api yang dilarang peredarannya. Selain itu, polisi juga mengecek peredaran petasan dan kembang api di pedagang eceran dengan mendatangi sejumlah pedagang petasan dan kembang api di pinggir jalan.

“Sementara aman, tidak menemukan peredaran petasan dan kembang api yang dilarang diperjual belikan,” pungkasnya.

Iptu Sony menuturkan, dalam sidak kali ini polisi lebih menekankan imbauan ke distributor dan pedagang. Polisi mengimbau ke pedagang agar tidak menjual petasan dan kembang api ke anak di bawah umur.

“Kami lebih pada imbauan dulu dan belum melakukan penindakan. Ini sebagai langkah antisipasi menjelang Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar saat melakukan pengecekan.(dok. Humas Polres Blitar Kota)