ADAKITANEWS, Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar membekali para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan purna tugas ke UPT Pelatihan Kerja Pertanian, Penyiapan dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri di Wonojati Malang, Senin (17/04).

Dalam sambutannya sebelum memberangkatkan 50 PNS yang akan pensiun tahun 2017 dan 2018, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Blitar, Achmad Lazim, mengungkapkan bahwa pengiriman 50 PNS yang akan pensiun ini merupakan bentuk penghargaan kepada pegawai yang sudah mengabdi bagi negara, selama bekerja sebagai PNS di lingkup Pemkab Blitar.

“Ada yang bekerja selama 25 sampai 30 tahun. Ini merupakan bentuk penghargaan agar mereka tetap memiliki kegiatan positif di lingkungan masyarakat,” tegas Lazim.

Selama lima hari kedepan, PNS yang didominasi jajaran pegawai pelaksana atau staff ini akan mendapatkan ilmu tentang agrobis meliputi pertanian, peternakan, pengolahan hasil pertanian, dan juga motivator.

Dalam pelatihan selama lima hari ini, para pegawai nantinya akan mendapatkan kurikulum tentang agrobisnis yang dimiliki oleh UPT Penyiapan dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri, Wonojati Malang. “Selain belajar bertani dan mengolah hasil pertanian, di sana ada pelatihan untuk menjadi motivasi khususnya bagi dirinya sendiri, agar selalu bermanfaat bagi masyarakat,” paparnya.

Lazim menegaskan, bahwa dipilihnya PNS yang menjadi staff dalam pelatihan ini, karena staff dinilainya memiliki kesejahteraan kurang bila dibandingkan dengan pejabat struktural. Untuk itu, ia memprioritaskan PNS yang menjabat sebagai staff di instasi-instansi pemerintah untuk mengikuti pelatihan ini. “Tapi ada juga pejabat yang hendak pensiun ingin mengikuti pelatihan ini dari ekselon III satu orang, dan ekselon IV sepuluh orang,” tandas Lazim.

Dikatakan, bahwa tahun ini merupakan kali pertama Pemerintah Kabupaten Blitar memberangkatkan pegawai untuk mendapatkan pembekalan agrobisnis. Bila program ini menghasilkan hal positif bagi pegawai yang sudah pensiun, maka kedepan Pemerintah Kabupaten Blitar akan mengagendakan program berkelanjutan untuk pegawai prapensiun.

“Untuk piagam penghargaan selama bekerja tetap diberikan. Namun pengiriman PNS ke pelatihan ini bentuk penghargaan lebih dari Pemkab Blitar,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan foto: Ahmad Lazim, Kepala Badan Kepegawaian Pemerintah Kabupaten Blitar saat memberangkatkan PNS.(foto : fathan)