ADAKITANEWS, Sidoarjo – Untuk memantapkan kesiapan dalam pengamanan Pilgub 2018 yang kemungkinan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Polresta Sidoarjo menggelar latihan simulasi pengamanan, Sabtu (10/02). Para anggota diberi beberapa teori, rencana, hingga pendeteksian situasi serta memantau titik lokasi wilayah rawan.


Latihan simulasi yang digelar di halaman Mapolrerta Sidoarjo tersebut diikuti oleh Kapolresta beserta Wakapolresta, para pejabat utama dan anggota jajarannya.


Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji dalam arahannya mengatakan bahwa latihan simulasi ini dilakukan sebelum menghadapi kejadian secara nyata di lapangan.

“Latihan ini dilakukan untuk memantapkan kesiapan agar para petugas nantinya sudah benar-benar siap. Karena kita, Kepolisian yang bertanggung jawab untuk menciptakan keamanan masyarakat,” ucapnya.


Dalam gladi kotor siang itu, terlihat para personel serta anggota begitu serius dan semangat melakukan adegan-adegan simulasi. Giat tersebut merupakan sebagian dari pelatihan pra gelar pasukan pada Kamis, pekan depan.

‎“Ini semua merupakan persiapan Polresta Sidoarjo dalam menghadapi pilkada manakala ada ekskalasi meningkat,” papar Kapolresta Sidoarjo saat menyampaikan teori kepada para anggotanya di halaman Mapolresta Sidoarjo.‎

Adegan pengamanan dalam pendistribusian kotak suara juga dilakukan. Dalam peragaannya, terlihat pada saat mobil pengangkut kotak suara akan diganggu, petugas dengan tanggap mengamankan pelaku.

Di waktu yang sama, Kabag Ops Polresta Sidoarjo, Kompol Edi Santoso menjelaskan, persiapan gladi posko satgas serta alat komunikasi dan sarana prasarananya telah disiapkan. Mulai pengamanan pendistribusian kotak suara, pengamanan kampanye, tempat pemilihan suara, hingga penanganan apabila ada kericuhan dan kecurangan selama berjalannya pilkada.‎

“Dalam latihan pengamanan simulasi ini merupakan latihan penggabungan dari rangkaian-rangkaian persiapan‎ sebelumnya meliputi sterilisasi lokasi acara kampanye, ‎latihan satgas deteksi, satgas prefentif, wal rol akir, Lat Gakum dan Ban Ops sudah dipersiapkan,” jelasnya.‎(sid3)

Keterangan gambar: Latihan simulasi pengamanan pilkada di Mapolresta Sidoarjo.