ADAKITANEWS, Jombang – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjamin stok seluruh kebutuhan sembilan bahan pokok di wilayahnya aman menjelang bulan puasa ini. Kepastian itu dilontarkan Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf saat melakukan kunjungan kerja di Jombang, Minggu (15/05).

Syaifullah Yusuf mengatakan, saat ini pihaknya sudah menerjunkan tim pengendalian harga sembako di lapangan. Tim tersebut bakal memantau dan melihat perkembangan harga sembako di pasar menjelang bulan suci Ramadan. Wakil Gubernur Jatim yang akrab disapa Gus Ipul tersebut mengakui bahwa saat ini memang terjadi kenaikan harga beberapa komoditi sembako. Namun, hal itu masih belum berpengaruh terhadap daya beli konsumen dan stok di lapangan.

“Sampai hari ini, menjelang bulan Ramadan stok masih aman. Meskipun masih ada sedikit peningkatan tapi mudah-mudahan menjelang Ramadan bisa lebih bagus lagi. Kita ada tim pengendali harga juga. Seperti biasa setiap tahun kita juga bekerjasama dengan Bulog dan yang lainnya untuk ikut mengawal itu,” tegasnya.

Dengan adanya tim pengendali harga tersebut, diharapkan gejolak kenaikan harga sembako yang sudah menjadi tradisi saat menjelang bulan puasa bisa diminimalisir dan dijangkau masyarakat.

Lebih jauh Gus Ipul menjelaskan, menjelang awal bulan puasa nanti, Pemprov Jatim juga akan menggelar operasi pasar murah sembako. Dia berharap dengan operasi pasar murah itu stok kebutuhan sembilan bahan pokok aman dengan harga yang tetap rasional selama bulan puasa hingga hari raya mendatang.(Tari/Jati)

Keterangan gambar: Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf.