Jelang Ramadhan Harga Cabai Rawit Merangkak Naik

Kediri(adakitanews.com)—Menjelang Ramadhan, harga cabai rawit mulai merangkak naik. Kenaikan hingga Rp 70 ribu. Kenaikan harga cabai ini diketahui terjadi sejak satu Minggu terakhir. Diduga penyebab karena curah hujan yang cukup tinggi.

Sehingga menurunkan jumlah cabai yang panen. Seperti yang terjadi di Pasar Pamenang Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Harga cabai rawit mengalami kenaikan hingga Rp 70 ribu untuk per satu kilogram.

“Sudah semingguan harga cabai rawit naik, untuk sebelumnya Rp 60 ribu, sekarang menjadi Rp 70 ribu,” ungkap Suyanto salah seorang pedagang Pasar Pamenang, Kamis (3/3/2022).

Lanjut Suyanto jika kenaikan juga terjadi untuk harga cabai merah besar. Dari sebelumnya adalah Rp 30 ribu, kini menjadi Rp 45 ribu. “Kalau kenaikan kemungkinan faktor cuaca. Karena malam dan siang hujan. Jadinya hasil panen banyak yang busuk dan gak bisa dijual,” ucapnya.

“Kalau yang beli tetap, cuman biasanya ambil satu kilogram, berkurang jadi setengah kilogram saja,” ungkapnya.

Menurut Suyanto jika ia dalam sehari mampu menjual 10 kilogram cabai. Namun imbas dari kenaikan harga ini, jumlah cabai yang dijual berkurang.Ia berharap agar tidak ada kenaikan harga cabai. Hal ini agar menaikan daya beli masyarakat di Pasar.

“Kadang habis, kalau sekarang sejak naik masih ada sisa cabai. Kalau yang beli tetap, cuman biasanya ambil satu kilogram, berkurang jadi setengah kilogram saja,” jelasnya.(Gar).

Recommended For You