ADAKITANEWSP-jembatanJembatan Putus, Madiun – Jembatan menghubungkan Dusun Sukorejo dan Dusun Kandangan, Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, akhirnya putus total. Jembatan yang sebelumnya dalam kondisi membahayakan itu terhanyut diterjang banjir beberapa waktu lalu.

“Jembatan itu dibangun tahun 1981 silam dan sudah diusulkan untuk segera dibangun kembali pada acara musrenbang belum lama ini. Karena, putusnya jembatan itu, maka warga harus putar balik sepanjang 3-4 km dan segala akses baik itu pendidikan, perekonomian hingga sosial semuanya terganggu,” jelas Kepala Desa Kedondong Nur Sodiq, Selasa (31/3).

Ia menyatakan sebelum jembatan putus total,  didahului dengan tanah ambles, kemudian waktu banjir bersamaan bencana di Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, jembatan ini putus total. Akibatnya, seluruh akses terganggu. Meski sudah diusulkan hingga saat ini  belum ada kejelasan dan tanggapan dari Pemkab Madiun untuk segera membangun kembali.

Namun, dirinya pernah mencoba menagih janji ke pihak PU namun jawabannya sedang tidak ada dana dan terserap semua ke perbaikan di Kecamatan Dagangan yang beberapa waktu lalu mengalami bencana. “Saya sudah sering kali menghubungi pihak terkait terutama Dinas PU, namun jawabannya saat ini belum ada dana dan masalah jembatan mungkin diusulkan untuk tahun depan,” ujarnya.

Terpisah, Agus Suwito,50, warga Dusun Sukorejo berharap pihak pemerintah segera membangun kembali jembatan roboh akibat diterjang banjir, karena gara-gara jembatan roboh aktivitas dari para penduduk terganggu. Warga memahami jika pihak desa tidak sanggup memperbaiki sendiri, karena dana diperlukan besar.

Untuk diketahui berdasarkan data, di Desa Kedondong sebetulnya ada sembilan jembatan, namun dua diantaranya sudah hilang jembatannya. Sedangkan jembatan lainnya kondisinya memprihatinkan. Harapan warga, selain jembatan putus segera dibangun, agar jembatan segera dilakukan perbaikan. “Jika jembatan masih tersisa, rusak total sungguh disayangkan,” ujar Sadeni warga lainnya. (UK)

Keterangan Gambar : Jembatan menghubungkan Dusun Sukorejo dan Dusun Kandangan, Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, putus total sejak beberapa waktu lalu.